Find Us On Social Media :

Fakta dan Mitos Menarik dari Friday 13th, Kenapa Dianggap Sial?

Friday the 13th adalah hari yang oleh Bangsa Barat dipercaya sebagai hari keramat di mana seseorang harus berhati-hati agar enggak celaka.

GridKids.id - Kids, pernahkah kamu mendengar tentang kisah mitos bangsa Barat tentang Friday the 13th?

Friday the 13th dipercaya sebagai hari sial di mana banyak orang sebaiknya lebih berhati-hati seharian kalau enggak mau berakhir celaka.

Kepercayaan bangsa Barat ini bukannya tanpa alasan, karena beberapa hal terjadi pada Friday the 13th.

Meski begitu, kepercayaan ini tentunya berkaitan dengan kepercayaan masyarakat setempat yang bisa jadi enggak relevan dengan masyarakat yang hidup di kawasan lainnya.

Namun, cerita tentang Friday the 13th seolah enggak ada habisnya diceritakan meski jauh dari kawasan asal mitos dan kepercayaan ini berasal.

Banyak orang yang percaya sebaiknya enggak melakukan aktivitas yang berbahaya pada momentum Friday the 13th supaya enggak mengalami kesialan yang merugikan diri sendiri.

Angka 13 sendiri sudah dikenal sebagai angka yang dipercaya membawa kesialan di banyak kepercayaan dunia.

Asal muasal angka ini dianggap pembawa kesialan adalah hitungan setelah 12 yang dirasa sebagai hitungan yang sudah paling sempurna dan lengkap.

Kepercayaan ini juga diwujudkan dalam kehidupan masyarakat seperti upaya menghindari penggunaan angka 13 dalam sebuah bangunan, ruangan, hingga ruas jalan.

Saking kuatnya kepercayaan soal Friday the 13th, di Amerika Serikat diperkirakan ada 17-20 jutaan jiwa yang mengidap fobia pada hari tanggal ini, istilahnya adalah friggatrikaidekaphobia.

Fobia ini akan membuat orang-orang menghindari untuk berkegiatan atau bepergian kemanapun pada Friday the 13th karena percaya akan terjadi kesialan jika melakukannya.

Baca Juga: Diselimuti Mitos, Inilah 7 Peristiwa Bersejarah yang Terjadi Pada Friday the 13th