Find Us On Social Media :

10 Sosok Dewa-Dewi Mitologi Nordik, Kepercayaan yang Berkembang di Eropa Utara

Mitologi Nordik adalah kisah-kisah yang berkembang dan dipercaya di kawasan Eropa bagian Utara.

GridKids.id - Kids, pada artikel GridKids sebelumnya kamu sudah diajak mengenal tentang sosok dewa-dewi dalam mitologi Celtic.

Kali ini kamu akan diajak mengenal lebih dekat mitologi dunia lainnya yang enggak kalah populer, yaitu mitologi Nordik.

Mitologi Nordik merupakan keyakinan yang berkembang di masyarakat Eropa bagian Utara seperti Denmark, Norwegia, Islandia, dan Swedia sebelum datang dan berkembangnya ajaran kristiani.

Islandia merupakan negara yang jadi sumber-sumber mitologi Nordik, yang setelahnya menyebar dan diyakini juga dengan negara-negara Eropa Utara lainnya.

Mitologi Nordik merupakan kumpulan kisah-kisah tentang makhluk supernatural, kosmologi, dan mitos-mitos dalam bentuk puisi atau prosa yang terangkum dalam Edda.

Mitologi ini masih bertahan dalam cerita-cerita rakyat Skandinavia yang masih tumbuh subur di pedesaan hingga saat ini.

Dulunya kisah-kisah dalam mitologi Nordik dikumpulkan dan dicatat oleh sarjana-sarjana Kristiani terutama dalam Edda dan Heimskringla.

Edda berwujud prosa dan syair yang menyeritakan tentang karakter Dewa-Dewi dan kisah-kisah mitologi lainnya.

Beberapa Edda ditulis oleh Snorri Sturluson seorang penyair, sastrawan, dan sarjana Kristiani yang menggambarkan Dewa-Dewi Nordik lebih mirip dengan manusia ketimbang wujud-wujud menyeramkan.

Dalam mitologi Nordik dikenal ada sembilan dunia yang dihubungkan oleh pohon Yggdrasil yang merupakan pusat dunia, salah satunya Asgard sebagai dunia para Dewa-Dewi Nordik tinggal.

Dalam buku 1200 Fakta Unik Mitologi Dunia karya Adnand Rahmadi (2015) ada beberapa dewa-dewi dalam mitologi Nordik, siapa saja mereka?

Baca Juga: Bukan Hanya Gorgon, Inilah 10 Sosok Monster dan Peri dalam Mitologi Yunani