Find Us On Social Media :

Konsep Tindakan Sosial Menurut Max Weber dan Jenis-Jenis Tindakannya

Tindakan sosial menurut Max Weber adalah sebuah tindakan yang dilakukan seseorang dengan mempertimbangkan keberadaan orang lain di sekitarnya.

GridKids.id - Kids, pada artikel sebelumnya kamu sudah diajak untuk belajar tentang pengertian ahli dan tujuan dari tindakan sosial.

Salah satu pengertian ahli yang disebutkan sebelumnya adalah pengertian tindakan sosial oleh Max Weber yang melihat bahwa tindakan sosial biasanya bermakna karena mempertimbangkan keberadaan orang lain.

Bagi Max Weber studi mengenai tindakan sosial berarti mencari pengertian subjektif atau motivasi dibalik tindakan-tindakan sosial yang dilakukan seseorang.

Max Weber melihat tindakan sosial sebagai sebuah tindakan yang secara nyata diarahkan pada orang lain.

Menurutnya tindakan sosial bisa juga dalam bentuk membatin atau subjektif yang mungkin terjadi karena pengaruh positif dari situasi tertentu.

Tindakan perulangan ini dilakukan dengan sengaja sebagai akibat dari pengaruh situasi yang serupa atau sebuah bentuk sikap pasif dalam situasi tertentu.

Tindakan sosial menurut Max Weber adalah tindakan individu yang bermakna subjektif bagi diri seseorang dan diarahkan ke tindakan orang lain.

Sedangkan, tindakan individu yang diarahkan pada benda mati atau objek fisik tanpa dihubungkan ke tindakan orang lain enggak bisa dilihat sebagai tindakan sosial.

Menurut Max Weber, memelajari tatanan sosial harus melihat tindakan manusia sebagai bagian utama dari kehidupan sosial.

Berdasar pemikiran Max Weber, Emile Durkheim, dan Vilfredo Pareto, individu melakukan sebuah tindakan berdasar atas pengalaman, persepsi, pemahamannya terhadap sebuah objek atau situasi tertentu.

Berdasar konsep pemikiran itulah, Max Weber mengaitkan tindakan sosial yang dilakukan seorang individu sebagai bagian dari interaksi sosial.

Baca Juga: Tindakan Sosial: Pengertian Menurut Ahli, Tujuan, dan Jenis-Jenisnya