Find Us On Social Media :

8 Sosok Dewa-Dewi dalam Mitologi Celtic, Mitologi yang Tumbuh di Benua Eropa

Mitologi bangsa Celtic meyakini dewa-dewi yang bersifat protagonis namun kisah-kisahnya harus hilang ditelan waktu karena penutur bahasa aslinya enggak bisa mewariskan bahasanya pada generasi penerusnya.

GridKids.id - Kids, pada artikel sebelumnya kamu sudah diajak mengenal Dewa-Dewi dalam Mitologi Mesir Kuno.

Kali ini GridKids akan mengajakmu mengenal tentang sosok Dewa-Dewi dalam Mitologi Celtic. Apa sih yang dimaksud dengan Mitologi Celtic ini?

Mitologi Celtic menurut laman postposmo.com, berkaitan dengan budaya dan kepercayaan penduduk yang tinggal di Benua Eropa terutama di Pyreness dan Kepulauan Inggris.

Celtic adalah nama yang biasanya digunakan untuk menyebut orang-orang yang berkomunikasi dengan bahasa Celtic yang dianggap sebagai salah satu cabang bahasa Indo-Eropa.

Inilah yang membuat mitologi Celtic berupa kumpulan cerita tetang agama Celtic pada Zaman Besi.

Dewa- Dewi Celtic digambarkan sebagai sosok protagonis atau sosok-sosok baik, yang cerita mitologinya enggak bisa dilanjutkan dan berkembang karena bahasa aslinya mulai hilang dan enggak diwariskan ke generasi penerusnya.

Selama zaman Besi, Bangsa Celtic awal digambarkan meyakini mitologi politeistik dan struktur keagamaan.

Penduduk Celtic terkait dengan Roma, misalnya bangsa Galia (orang-orang yang kini tinggal tersebar di Prancis, Belgia, Swiss Barat, Belanda, dan Jerman) dan bangsa Celtic atau leluhur bangsa Romawi.

Sebuah dokumen klasik tentang kepercaayan Dewa Celtic di Galia ditulis oleh Julius Caesar, seorang pemimpin militer yang terkenal di Romawi.

Dalam literatur yang dibuatnya, Julius Caesar menggambarkan 5 dewa yang disembah di Galia dan perannya masing-masing, salah satunya adalah Merkurius sebagai dewa yang paling terpuji di antara dewa-dewa lainnya.

Dalam buku 1200 Fakta Unik Mitologi Dunia karya Adnand Rahmadi, menuliskan tentang sosok Dewa-Dewi dalam Mitologi Celtic, siapa saja mereka?

Baca Juga: Bukan Hanya Gorgon, Inilah 10 Sosok Monster dan Peri dalam Mitologi Yunani