Find Us On Social Media :

Tindakan Sosial: Pengertian Menurut Ahli, Tujuan, dan Jenis-Jenisnya

Tindakan sosial adalah perilaku yang dilakukan individu atau kelompok masyarakat yang saling memengaruhi.

GridKids.id - Kids, apakah yang kamu ketahui tentang tindakan sosial?

Tindakan sosial merupakan serangkaian kelakuan yang dijalani oleh individu atau kelompok berdasarkan peranan nilai dan norma sosial yang berlaku dalam sebuah masyarakat.

Pengertian di atas bisa mengacu pada tindakan yang dilakukan itu menjadi bagian dari budaya jika dilakukan terus menurus atau kontinyu.

Ada beberapa pengertian tindakan sosial menurut para ahli, di antaranya:

- Max Weber: Tindakan sosial adalah tindakan individu yang bisa memberi pengaruh bagi individu lain dalam sebuah lingkungan masyarakat.

- Karl Marx: Tindakan sosial adalah suatu kegiatan individu yang berusaha untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

- Emile Durkheim: Tindakan sosial adalah tindakan yang dilakukan berlandaskan norma-norma dan solidaritas kelompok tempat individu bersosialisasi.

Tindakan sosial bertujuan untuk memenuhi kebutuhan individu dan memengaruhi individu lain dalam sebuah lingkungan masyarakat.

Tindakan sosial juga berguna untuk mewujudkan kebudayaan yang dimiliki seseorang sebagai bagian dari sebuah kelompok masyarakat berbudaya.

Tindakan sosial juga berguna menjaga nilai dan norma yang ada di masyarakat, menjaga interaksi masyarakat bisa tetap terjalin dengan rukun dan serasi.

Lalu, apa saja jenis-jenis tindakan sosial dan penjelasan lengkapnya? Yuk, simak sama-sama uraian lengkapnya di bawah ini, Kids.

Baca Juga: Perbedaan Kontak Sosial Primer dan Sekunder, Serta Contohnya