Find Us On Social Media :

Mengenal Sistem Barter: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Syarat Terjadinya

Barter adalah sistem ekonomi tradisional yang dilakukan sebelum masyarakat mengenal dan menggunakan uang sebagai alat tukar yang sah.

GridKids.id - Kids, pernahkah kamu mendengar tentang sistem ekonomi barter?

Barter adalah sistem ekonomi tradisional yang dipergunakan masyarakat sebelum dikenal uang sebagai alat pembayaran yang sah.

Barter dilakukan dengan cara menukarkan barang yang dimiliki dengan barang yang diperlukan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), barter adalah perdagangan dengan saling bertukar barang.

Tiap orang selalu dihadapkan pada fakta bawa apa yang diproduksi atau dibuat sendiri enggak akan cukup untuk memenuhi kebutuhannya.

Inilah kenapa seseorang memerlukan barang-barang yang dibuat oleh orang lain dengan cara menukarkan dengan barang sendiri.

Dilansir dari laman gramedia.com, dari sistem barter inilah, mulai ditetapkan benda-benda yang selalu dipakai dalam kegiatan ekonomi atau transaksi pertukaran.

Namun, barter cukup sulit dilakukan dengan praktis karena untuk menemukan orang-orang yang saling membutuhkan benda dari satu sama lain dalam waktu bersamaan cukup sulit.

Kesulitan dalam barter inilah yang mendorong manusia untuk menciptakan kemudahan dalam pertukaran dengan menetapkan benda-benda tertentu sebagai alat tukar sampai akhirnya digunakanlah uang sebagai alat tukar yang sah.

Uang yang digunakan sebagai alat tukar punya bentuk yang beragam, ada uang koin, berbentuk emas, perak, hingga uang kertas.

Salah satu kelemahan sistem barter adalah enggak adanya standar nilai yang jelas selain kebutuhan dua belah pihak yang saling sepakat untuk menukarkan barang satu sama lain.

Meski sudah jarang ditemukan di masa sekarang, pelaksanaan sistem tukar tambah yang masih banyak dilakukan saat ini disebut berakar dari sistem barter.