Find Us On Social Media :

PPKn Kelas X SMA: Peran Indonesia Sebagai Negara Kesatuan dalam Pergaulan Antarbangsa dan Negara di Dunia

Negara kesatuan adalah bentuk negara yang bersifat tunggal dan enggak tersusun dari beberapa negara yang memiliki kedaulatan.

GridKids.id - Pada artikel sebelumnya kita telah mempelajari tentang sikap menjaga keutuhan NKRI.

Nah, kali ini GridKids akan membahas tentang peran Indonesia sebagai negara kesatuan dalam pergaulan antarbangsa dan negara di dunia.

Indonesia menjadi negara dengan bentuk kesatuan sejak Proklamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945 ya, Kids.

Negara kesatuan merupakan bentuk negara yang bersifat tunggal dan enggak tersusun dari beberapa negara yang memiliki kedaulatan.

Diketahui dalam negara kesatuan enggak terbagi dan kewenangannya berada pada pemerintahan pusat, ya.

Selain itu, lahirnya NKRI berasal dari nilai-nilai persatuan dan kesatuan yang menyadari tentang keragaman bangsa Indonesia.

Melansir dari kompas.com, sebagai negara yang berlandaskan hukum, NKRI ikut berperan dalam menciptakan perdamaian dunia.

Sesuai dengan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945, Indonesia memiliki peran dalam perdamaian dunia.

Artinya Indonesia sebagai NKRI harus mewujudkan perdamaian dunia yaitu berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Bahkan berbagai cara dilakukan Indonesia dalam upaya menciptakan perdamaian dunia di tingkat regional dan internasional.

Bersumber dari kompas.com, peran Indonesia dalam menciptakan perdamaian dunia melalui dua cara, yaitu hubungan internasional dan organisasi internasional.

Baca Juga: Materi PPKn Kelas X SMA: Makna dan Tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)