Find Us On Social Media :

Perwujudan Nilai-Nilai Pancasila dalam Bidang Pertahanan dan Keamanan, Materi PKN Kelas 9 SMP

Upaya bela negara dan pertahanan keamanan yang diupayakan oleh masyarakat adalah bentuk perwujudan nilai-nilai Pancasila.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi PKN Kelas 9 SMP Bab 1 masih membahas Dinamika Perwujudan Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa.

Dalam buku materi PKN Kelas 9 SMP Bab 1 Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud hlm. 24-25 membahas tentang perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam Bidang Pertahanan dan Keamanan.

Pada artikel sebelumnya kamu sudah mengenal berbagai perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai bidang kehidupan termasuk sosial budaya masyarakat.

Nah, kali ini kamu akan diajak melihat perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam bidang pertahanan dan keamanan negara. Seperti apa saja perwujudan nilai-nilai Pancasilanya?

Perwujudan Nilai-Nilai Pancasila di Bidang Pertahanan dan Keamanan

Pembangunan negara dalam bidang pertahanan dan keamanan secara tegas dinyatakan dalam UUD 1945 Pasal 27 ayat (3) yang menyatakan bahwa pembelaaan negara adalah hak dan kewajiban tiap warga negara.

Begitu juga dengan Pasal 30 ayat (1) UUD 1945 yang menyatakan bahwa tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

Usaha pertahanan dan keamanan negara Indonesia dilaksanakan lewat sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta.

Dengan begitu, kedua pasal ini bisa menegaskan perlunya partisipasi seluruh rakyat dalam upaya bela negara dan usaha pertahanan dan keamanan negara.

Bentuk partisipasi rakyat dalam upaya pembelaan negara sudah ada di tengah masyarakat.

Hal ini bisa dilihat pada dilaksanakannya kegiatan ronda malam atau sistem keamanan lingkungan yang melibatkan masyarakat secara bergantian.

Baca Juga: Perwujudan Nilai-Nilai Pancasila dalam Bidang Sosial-Budaya, Materi PKN Kelas 9 SMP