Find Us On Social Media :

Perwujudan Nilai-Nilai Pancasila dalam Bidang Sosial-Budaya, Materi PKN Kelas 9 SMP

Pancasila menjamin tiap individu dalam masyarakat merdeka dalam menjalani kehidupan kebudayaannya. Bagaimana caranya?

GridKids.id - Kids, pada Artikel Belajar dari Rumah (BDR) kali ini kamu masih akan membahas materi PKN Kelas 9 Bab 1 tentang Dinamika Perwujudan Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa.

Dalam buku materi PKN Kelas 9 SMP Bab 1 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud hlm. 23-24 dijelaskan tentang perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam bidang sosial budaya.

Sebelumnya kamu sudah diajak belajar tentang perwujudan nilai-nilai Pancasila dalam bidang politik dan hukum juga mengenal perwujudan nilainya dalam bidang ekonomi.

Pembangunan nasional bertujuan mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan nilai Pancasila.

Kita semua mengharapkan terwujudnya masyarakat yang berdasarkan pada Pancasila, meski enggak lepas dari perubahan sosial dan budaya.

Supaya perubahan dalam masyarakat tetap terarah pada cita-cita masyarakat berdasarkan Pancasila, sistem nilai sosial dan budaya dalam masyarakat dikembangkan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Sistem nilai sosial inilah yang akan terus dikembangkan supaya lebih maju dan modern dengan mengembangkan proses modernisasi.

Modernisasi enggak selalu berarti westernisasi tapi bisa juga diartikan sebagai proses perubahan menuju ke arah kemajuan.

Nilai-nilai sosial yang sudah ada dalam masyarakat yang sesuai dengan Pancasila seperti kekeluargaan, musyawarah, dan gotong royong akan terus dipelihara dan diwariskan ke generasi muda.

Sama halnya dengan nilai-nilai sosial dari luar seperti etos kerja, semangat bekerja keras, kedisiplinan, dan sikap ilmiah yang bisa diterima sesuai nilai-nilai yang mencerminkan jiwa Pancasila.

Lalu, apa saja yang harus dicermati untuk mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sosial dan budaya masyarakat?

Baca Juga: Perwujudan Nilai-Nilai Pancasila dalam Bidang Politik dan Hukum, Materi PKN Kelas 9 SMP