Find Us On Social Media :

Nilai Apa yang Bisa Kita Terapkan dalam Kehidupan Sehari-hari Kaitannya dengan Penghargaan Atas Keragaman?

Dalam kehidupan sehari-hari terdapat nilai-nilai yang berkaitan dengan penghargaan atas keragaman.

GridKids.id - Nilai apa yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari kaitannya dengan penghargaan atas keragaman?

Pada artikel sebelumnya kita telah menjawab pertayaan tentang manfaat yang didapatkan jika hidup di negara majemuk seperti Indonesia.

Kali ini GridKids akan menjawab pertanyaan dengan tema keragaman yakni nilai apa saja yang bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penghargaan atas keragaman.

Pertanyaan ini berdasarkan pada buku Kurikulum Merdeka materi PPkn kelas X SMA, ya.

Indonesia memiliki keragaman yang tinggi namun disatukan oleh persatuan dan kesatuan.

Keragaman adalah sebagai segala sesuatu yang berkaitan dengan ragam atau beragam.

Sementara pengertian keragaman budaya adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang terdiri dari suku bangsa, budaya, dan bahasa.

Tahukah kamu? Keragaman budaya di Indonesia terjadi bukan tanpa sebab, lo.

Adapun faktor penyebab keragaman budaya adalah kondisi negara kepulauan, perbedaan kondisi alam, keadaan transportasi dan komunikasi, penerimaan masyarakat terhadap perubahan, dan letak wilayah Indonesia.

Semua kebudayaan di Indonesia memiliki posisi yang sama. Maka enggak ada satu budaya yang lebih unggul atau superior dibandingkan dnegan budaya lain, ya.

Untuk mengetahui nilai apa yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari kaitannya dengan penghargaan atas keragaman, simak pembahasan berikut ini, ya.

Baca Juga: PPKn Kelas X SMA: Bagaimana Kita Memaknai Keragaman dalam Kehidupan Keseharian?