Find Us On Social Media :

Peringatan Hari Introvert Sedunia, Inilah 4 Poin Istimewa Seorang Introvert

Kepribadian introvert sering disalahpahami sebagai kepribadian yang kurang pandai bergaul dan pemalu. Seperti apa keistimewaan dari kepribadian ini?

GridKids.id - Kids, hari ini tepatnya 2 Januari 2023 diperingati sebagai Hari Introvert Sedunia.

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan kepribadian introvert?

Introvert sering dilabeli sebagai kepribadian yang sulit bergaul, pemalu, dan menghindari interaksi sosial.

Padahal sebenarnya introvert adalah cara seseorang merespons stimulasi sosial yang ada di sekitarnya.

Introvert adalah orang-orang yang akan merasa nyaman, aman, dan leluasa ketika berada di lingkungan sepi dan tenang.

Meski hal itu enggak selalu berlaku seperti itu, kebanyakan introvert lebih cenderung menyukai kondisi tersebut untuk menikmati waktu luang dan kesehariannya.

Dilansir dari halodoc.com, menurut Dr. Jennifer Kahnweiler penulis buku The Introverted Leader: Building on Your Quiet Strength, kepribadian introvert dimiliki oleh orang-orang yang memeroleh energi dari menghabiskan waktu mereka sendiri.

Hal inilah yang enggak dipahami semua orang dan memicu prasangka atau anggapan negatif orang lain yang menganggap bahwa kepribadian ini perlu diperbaiki.

Kelompok ekstrovert yang enggak mengerti dan mencoba memahami cara kerja kepribadian introvert biasanya akan menuduh atau menunjuk orang-orang Introvert sebagai jenis orang yang anti sosial dan enggak mau berbaur.

Tak jarang, ada anggapan bahwa orang-orang Introvert juga merupakan kepribadian yang perlu dikasihani atau terlihat kesepian.

Introvert bukan sebuah penyakit atau kondisi yang harus disembuhkan karena begitulah cara introvert menjalani kehidupannya.

Baca Juga: 7 Tanda Bahwa Kamu adalah Seorang Introvert Menurut Ilmu Psikologi