Find Us On Social Media :

5 Perang dan Pertempuran Kuno yang Tercatat dalam Sejarah Dunia

Perang dan pertempuran antar bangsa sudah terjadi sejak lama. Perebutan kekuasaan ini bertujuan mengklaim siapa yang paling kuat dan berkuasa.

GridKids.id - Kids, kamu pasti sudah enggak asing dengan istilah Perang Dunia yang terjadi sekitar seabad yang lalu?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), perang merupakan pertempuran besar bersenjata antara dua pasukan (tentara, laskar, pemberontak, dan sebagainya) atau lebih.

Perang adalah sebuah bentuk permusuhan antara dua negara yang melibatkan bangsa, agama, suku, dan lain sebagainya.

Terjadinya sebuah perang bisa menyebabkan berbagai kerugian, mulai dari harta benda hingga nyawa masyarakat sipil yang enggak berdaya.

Pada artikel pengetahuan umum kali ini kamu akan diajak mengenal perang dan pertempuran kuno yang pernah terjadi di dunia.

Menurut buku Ensiklopedia Perang-Perang Besar di Dunia karya Salsabila Amani (2017), berikut adalah daftar perang dan pertempuran kuno yang perlu kamu ketahui, di antaranya:

Perang dan Pertempuran Kuno dalam Sejarah

1. Pertempuran Megiddo

Pertempuran Megiddo adalah pertempuran pertama dalam sejarah yang tertulis dalam sebuah laporan yang mendetail.

Laporan tentang perang ini tertulis dalam huruf hieroglif di Kuil Amun, Karnak, Thebes (sekarang dikenal dengan kota Luxor di Mesir).

Pertempuran yang diperkirakan terjadi pada 16 April 1457 SM di Kota Tel Meggido (sekarang di daerah Palestina), melibatkan 10.000-20.000 pasukan Mesir yang dipimpin oleh Fir'aun Thutmose III.

Dalam perang ini, pasukan Mesir menang melawan pasukan koalisi bangsa Kanaan yang dipimpin Raja Kadesh yang jumlah pasukannya lebih kecil.