Find Us On Social Media :

Mengenal Galaksi Satelit, Galaksi Kerdil yang Mengorbit Ke Galaksi Besar

Galaksi satelit adalah galaksi yang massanya kalah dengan galaksi besar di dekatnya sehingga galaksi ini harus mengorbit karena tarikan gravitasinya.

GridKids.id - Kids, tahukah kamu bahwa galaksi bisa dikelilingi juga oleh galaksi-galaksi lainnya?

Galaksi satelit merupakan galaksi yang mengorbit ke galaksi yang massanya lebih besar karena adanya gravitasi galaksi.

Massa dua galaksi akan menentukan hubungan orbitnya satu sama lain, ukuran massa yang lebih kecil akan mengorbit ke galaksi yang massanya lebih besar.

Galaksi satelit banyak yang enggak bisa menahan gravitasnya sehingga akhirnya tertarik ke galaksi besar.

Inilah yang membuat galaksi satelit akan kalah oleh galaksi yang berukuran lebih besar dan berakhir mengorbit galaksi yang lebih besar tadi.

Dilansir dari infoastronomy.org, galaksi Bima Sakti punya sejumlah galaksi satelit, di antara galaksi satelit itu yang terbesar adalah Awan Magellan Besar yang berjarak sekitar 163 tahun cahaya dari Bumi dan punya ukuran sekitar 1/100 ukuran Galaksi Bima Sakti.

Enggak seperti Bimasakti yang berbentuk spiral, galaksi satelit cenderung punya bentuk yang enggak beraturan.

Hal ini menurut pada astronom bisa terjadi karana tarikan gravitasi Bimasakti yang begitu kuat sampai menyebabkan lintasan dan bentuknya jadi melengkung enggak berpola.

Selain Awan Magellan Besar, Bimasakti juga punya galaksi kerdil Kanis Mayor yang menurut para Ilmuwan berisikan satu miliar bintang yang berjarak sekitar 25.000 cahaya dari Bumi.

Bimasakti dikonfirmasi punya lebih dari 60 galaksi satelit yang berada dalam jarak 1,4 juta tahun cahaya dari galaksi Bimasakti.

Enggak semua galaksi satelit itu mengorbit ke Galaksi Bimasakti, beberapa di antaranya bahkan mengorbit pada satu sama lain.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Galaksi Andromeda, Galaksi Terdekat dari Bima Sakti