Find Us On Social Media :

7 Museum Tertua di Dunia, Salah Satunya Punya Koleksi 3 Juta Artefak

Museum adalah salah satu destinasi wisata edukasi yang banyak dikunjungi untuk belajar sejarah peradaban manusia.

GridKids.id - Kids, pada artikel pengetahuan umum kemarin kamu sudah diajak untuk melihat kastil paling indah di Benua Eropa.

Nah, pada artikel kali ini kamu akan diajak untuk melihat salah satu destinasi wisata edukasi yang menyimpan berbagai benda penting atau naskah bersejarah. Yap, museum!

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), museum adalah gedung yang digunakan sebagai tempat untuk pameran tetap benda-benda yang patut mendapat perhatian umum, seperti peninggalan sejarah, seni, dan ilmu; tempat menyimpan barang kuno.

Museum jadi salah satu cara bagi masyarakat atau manusia untuk bisa berjalan menembus waktu dengan display barang-barang yang dipamerkan.

Ternyata ide untuk menyimpan dan mengabadikan berbagai benda peninggalan sejarah sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, lo, Kids.

Museum tertua dibangun oleh bangsa Babilonia lebih dari 2500 tahun lalu di kota Ur yang dibangun oleh raja terakhir kekaisaran Neo Babylonian, Raja Nabonidus pada sekitaran 500 SM.

Selanjutnya akan dijelaskan tentang museum-museum tertua di dunia, apa saja, ya? Yuk, simak sama-sama daftarnya di bawah ini, Kids.

Museum Tertua di Dunia

1. Museum Capitolini, Roma, Italia

Museum ini menyimpan peninggalan arkeologis dan pameran seni, keberadaan museum ini bisa menelusuri sejarah hingga tahun 1471.

Ketika itu Paus Sixtus IV menyumbangkan sebuah set perunggu bersejarah pada Roma yang disimpan di Capitolini Hill.

Baca Juga: 30 Nama- Nama Museum di Indonesia Beserta Provinsi Lokasinya