Find Us On Social Media :

7 Unsur Sosial Budaya Masyarakat Menurut C. Kluckhon, Materi PKN Kelas 9 SMP

Indonesia sebagai negara majemuk tentunya memiliki beragam perbedaan tradisi hingga adat istiadat. Apa saja unsur-unsur sosial budaya masyarakat menurut C. Kluckhon?

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi PKN Kelas 9 SMP Bab 5 membahas tentang Harmoni Keberagaman Masyarakat Indonesia.

Dalam buku materi PKN Kelas 9 SMP Bab 5 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 129-136 membahas tentang unsur-unsur yang jadi bagian dari sistem sosial budaya dalam kehidupan masyarakat.

Unsur-unsur ini menjadi bagian yang enggak bisa dilepaskan dari bagaimana masyarakat berbaur sebagai bagian dari masyarakat yang lebih luas.

Tiap individu berusaha untuk menerapkan nilai-nilai dan ajaran dengan baik agar bisa menjadi masyarakat yang teratur dan juga patuh pada nilai dan norma yang berlaku.

Berikut adalah unsur-unsur sistem sosial budaya dalam masyarakat menurut C. Kluckhohn, yaitu:

Unsur-Unsur Sistem Sosial Masyarakat

1. Sistem Agama, Kepercayaan atau Religi, dan Upacara Keagamaan

Agama merupakan seperangkat aturan dan peraturan yang mengatur hubungan manusia dengan Tuhan.

Enggak hanya itu, agama juga mengatur hubungan manusia satu dengan manusia lainnya beserta dengan lingkungannya berdasar ajaran kitab suci.

Agama didefinisikan sebagai sistem keyakinan yang dianut dan tindakan-tindakan yang diwujudkan oleh kelompok masyarakat dalam menginterpretasikan dan menanggapi apa yang dirasakan dan diyakini sebagai sesuatu yang gaib dan suci.

Pelaksanaan ibadah dalam kehidupan bermasyarakat sudah jadi bagian dari kebiasaan atau tradisi, misalnya perayaan hari-hari besar keagamaan.

Baca Juga: Macam-Macam Perubahan Sosial dalam Masyarakat, Sosiologi Kelas 9 SMP