Find Us On Social Media :

4 Faktor Penyebab Munculnya Masalah Sosial, Materi PKN Kelas 9 SMP

Masyarakat yang punya asal muasal berbeda rawan memicu masalah atau konflik sosial tertentu.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi PKN Kelas 9 SMP Bab 5 tentang Harmoni Keberagaman Masyarakat Indonesia.

Dalam Buku Materi PKN Kelas 9 SMP Bab 5 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 128-129 membahas tentang permasalahan dan akibat yang muncul dalam keberagaman masyarakat Indonesia.

Indonesia sebagai masyarakat majemuk memiliki berbagai adat-istiadat yang berbeda-beda dari masyarakatnya sehingga rawan masalah atau konflik sosial.

Menurut Soerjono Soekanto, masalah sosial merupakan sebuah ketidaksesuaian unsur-unsur kebudayaan dalam sebuah masyarakat yang bisa membahayakan kehidupan sosialnya.

Bentrokan yang terjadi karena unsur-unsur itu bisa menimbulkan gangguan interaksi dan hubungan sosial, misalnya kegoyahan dalam sebuah kelompok sosial.

Masalah sosial bisa muncuk akibat adanya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada dan ditemukan di masyarakat.

Ada beberapa hal yang bisa jadi sumber masalah sosial, misalnya proses sosial hingga bencana alam.

Masalah sosial adalah sebuah kondisi yang bisa muncul dari keadaaan masyarakat yang kurang atau enggak ideal.

Hal ini disebabkan oleh enggak terpenuhinya kebutuhan dalam masyarakat sehingga memicu masalah atau ketimpangan sosial yang ditemukan dalam proses bermasyarakat sehari-hari.

Masalah sosial bisa dikelompokkan menjadi empat jenis faktor pemicu, apa saja, ya?

Yuk, simak sama-sama uraian lengkap penjelasannya di bawah ini, Kids.

Baca Juga: Penyebab Konflik dalam Masyarakat, Materi PKN Kelas 9 SMP Bab 4