Find Us On Social Media :

Harmoni dalam Keberagaman Ekonomi Pada Masyarakat, Materi PKN Kelas 9 SMP

Keberagaman pada masyarakat majemuk yang bisa diwadahi dengan baik akan menciptakan keselerasan atau harmoni.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi PKN Kelas 9 SMP kali ini akan masuk ke Bab 5 yaitu tentang Harmoni Keberagaman Masyarakat Indonesia.

Dalam buku materi PKN Kelas 9 SMP Bab 5 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 121-123 dibahas tentang makna harmoni dalam keberagaman Sosial Budaya, Ekonomi, dan Gender dalam Bhinneka Tunggal Ika.

Harmoni sosial adalah kondisi sosial budaya masyarakat Indonesia yang beraneka ragam, diperlukan adanya harmonisasi dalam masyarakat.

Adanya keselarasan dan sikap saling menghormati dan menyayangi satu sama lain bisa membantu menyinergikan segala perbedaan yang ada.

Kehidupan masyarakat Indonesia yang berasal dari latar belakang yang beragam suku, budaya, agama, tradisi, pendidikan, ekonomi adalah sebuah kodrat yang harus bisa diterima oleh bangsa Indonesia.

Komunitas sosial yang rekat meski punya banyak perbedaan di antaranya.

Komunitas tersebut jadi salah satu sarana yang bisa diwujudkan dengan adanya sikap saling memahami, toleransi yang mendukung terwujudnya perasaan saling mengasihi dan bersatu.

Keberagaman sosial pada masyarakat Indonesia melahirkan bermacam-macam status sosial, mata pencaharian, dan kedudukan dalam masyarakat.

Manusia sebagai makhluk sosial enggak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain.

Inilah yang membuat keberagaman mendorong terjadinya interaksi dan kaitan antara individu yang satu dengan individu lainnya.

Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang kaya terlihat dari keanekaragaman budaya daerahnya yang unik.

Baca Juga: Keberagaman Masyarakat dan Potensi Masalahnya, Materi PKN Kelas 9 SMP