Find Us On Social Media :

Akibat yang Ditimbulkan oleh Terjadinya Konflik, Materi PKN Kelas 9 SMP

Konflik dalam masyarakat membawa beragam akibat bagi kehidupan sosial masyarakat. Apa saja akibatnya?

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi PKN Kelas 9 SMP Bab 4 masih membahas tentang Keberagaman Masyarakat Indonesia dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Dalam buku materi PKN Kelas 9 SMP Bab 4 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 112-114 membahas tentang Akibat yang Ditimbulkan oleh Terjadinya Konflik.

Artikel BDR Materi PKN sebelumnya kamu sudah diajak untuk belajar bentuk-bentuk dan penyebab terjadinya konflik di tengah masyarakat.

Nah, pada artikel kali ini kamu akan diajak melihat akibat yang ditimbulkan dari terjadinya sebuah konflik di tengah masyarakat.

Konflik yang terjadi dalam masyarakat adalah sebuah gejala sosial dari adanya keberagaman masyarakat.

Konflik adalah sesuatu yang enggak bisa dihindarkan dan selalu ada di tengah masyarakat, hanya saja masyarakat akan terus berubah karena adanya perbedaan ruang dan waktu.

Meski begitu, kita tetap bertanggung jawab menjaga agar konflik enggak perlu terjadi begitu berlarut-larut dan merugikan semua pihak.

Adanya konflik bisa membawa dampak negatif dan juga positif bagi kehidupan sosial masyarakat.

Dampak positifnya adalah meningkatkan solidaritas kelompok, sekaligus menguatkan hubungan dan relasi antar anggota kelompok dalam sebuah masyarakat.

Berikut ini adalah akibat yang akan terjadi ketika ada konflik di tengah masyarakat, di antaranya:

Akibat yang Ditimbulkan dari Adanya Konflik di Tengah Masyarakat

Baca Juga: Keberagaman Masyarakat dan Potensi Masalahnya, Materi PKN Kelas 9 SMP