Find Us On Social Media :

Benarkah Karakter Sinterklas Terinspirasi dari Sosok Nyata? #AkuBacaAkuTahu

Karakter Sinterklas yang ikonik dan identik dengan perayaan natal disebut terinspirasi dari sosok Saint Nicolas, seorang Uskup yang hidup pada abad 3 M.

GridKids.id - Makin mendekati perayaan Natal di 25 Desember beberapa hari lagi, kamu mungkin sudah melihat sosok sinterklas yang jadi ikon natal ada di mana-mana.

Jika bukan sosoknya, beberapa ornamen seperti topi khasnya mungkin bisa kamu lihat menjadi dekorasi di berbagai pusat belanjaan, ya, Kids.

Tapi, tahukah kamu siapa sebenarnya tokoh di balik sosok Sinterklas yang ikonik ini?

Sosok Sinterklas sering juga disebut sebagian orang dengan nama Santa Claus, sebenarnya keduanya punya asal muasal yang berbeda, lo, Kids.

Sosok Sinterklas digambarkan sebagai sosok laki-laki tua bertubuh gemuk memakai seragam serba merah dan memanggul kantung besar di punggungnya.

Dilansir dari kompas.com, Sinterklas disebut terilhami dari sosok nyata bernama Saint Nicolas seorang uskup asal Myra yang hidup pada abad 3 M.

Pendapat ini disampaikan dalam sebuah Journal of Heritage Studies yang ditulis oleh Rodenberg dan Wagenaar.

Sosok Saint Nicolas dikenal sebagai orang yang dermawan dan suka berbagi pada orang-orang miskin yang membutuhkan.

Inilah yang disebut menginspirasi munculnya sosok Sinterklas yang dikenal oleh masyarakat Belanda.

Sinterklas mengenakan penampilan seperti uskup berjubah lengkap dengan topi uskup yang disebut mitre juga menggunakan tongkat gembala uskup.

Masyarakat Belanda percaya bahwa Sinterklas yaitu sosok yang punya rambut panjang dan janggut berwarna putih dan berasal dari Spanyol.

Baca Juga: Identik dengan Perayaan Natal, Ini 4 Perbedaan Sinterklas dan Santa Claus, Sudah Tahu?