Find Us On Social Media :

7 Perpustakaan Tertua di Dunia, Salah Satunya Terletak di Kaki Gunung Sinai Mesir

Perpustakaan adalah tempat atau gedung tempat penyimpanan berbagai manuskrip dan literatur. Apa saja nama perpustakaan tertua di dunia?

GridKids.id - Perpustakaan adalah tempat banyak literatur tersimpan yang bisa digunakan untuk kepentingan penelitian, sumber belajar, hingga hiburan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), perpustakaan adalah tempat, gedung, ruang yang disediakan untuk pemeliharaan dan penggunaan koleksi buku dan sebagainya.

Perpustakaan adalah lokasi yang sangat tepat bagi para pecinta buku dan penyuka ketenangan untuk berdiam selama berjam-jam lamanya.

Tak hanya nyaman dan tenang, perpustakaan tentunya dilengkapi dengan berbagai koleksi buku bacaan yang bisa menambah wawasan pengunjungnya.

Dilansir dari keluyuran.com, berikut ini adalah beberapa daftar perpustakaan tertua di dunia yang masih aktif beroperasi dan bisa dikunjungi sampai saat ini, apa saja, ya?

Perpustakaan Tertua di Dunia yang Masih Aktif Sampai Sekarang

1. Al- Qarawiyyin, Maroko

Perpustakaan ini adalah salah satu perpustakaan tertua di dunia yang terletak di Maroko dan diperkirakan sudah ada sejak abad ke-9.

Sampai saat ini, Al- Qarawiyyin masih beroperasi dan dulunya merupakan pengembangan dari Masjid dan Universitas yang digagas oleh Fatima Al Fihria.

Al- Qarawiyyin menyimpan manuskrip Islam yang sangat berharga sehingga dulunya pintu tempat menyimpan naskah itu kuncinya hanya dipegang oleh empat orang saja.

Ketika akan membuka pintu tempat manuskrip itu disimpan, empat orang pemegang kunci harus hadir di sana.

Baca Juga: Hari Kunjung Perpustakaan 2022, Inilah 7 Alasan Kita Harus Pergi ke Perpustakaan