Find Us On Social Media :

20 Istilah dalam Olahraga Basket, Pertama Kali Diciptakan saat Musim Dingin

Olahraga basket adalah salah satu jenis olahraga bola besar yang populer di dunia. Seperti apa sejarah singkat dan istilah-istilahnya?

GridKids.id - Kids, pada artikel GridKids sebelumnya kamu sudah belajar sejarah singkat dan istilah-istilah dalam olahraga renang.

Kali ini kamu akan diajak untuk melihat sejarah singkat dan istilah-istilah dalam salah satu jenis olahraga bola besar, yaitu bola basket.

Basket merupakan olahraga bola besar yang dilakukan secara berkelompok dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing tim-nya beranggotakan lima orang pemain.

Kedua tim akan berlomba untuk mencetak poin sebanyak mungkin dengan memasukkan bola basket ke ring lawan.

Tahukah kamu bagaimana awal mula permainan atau olahraga basket ini dipopulerkan?

Ternyata basket awalnya diciptakan oleh seorang bapak James Naismith, seorang guru olahraga pada 1891.

Basket tercipta dari ide sang guru olahraga yang ingin memastikan murid-muridnya tetap berolahraga di dalam ruangan meski sudah memasuki musim dingin.

Basket yang awalnya diperkenalkan oleh pak James ini berbeda dengan basket yang kita kenal sekarang, karena awalnya basket dibuat dengan beberapa aturan dasar yang mudah supaya bisa diterima dan mudah dipahami oleh orang-orang.

Awalnya basket terdiri dari 9 orang dan enggak dikenal teknik dribble bola, ketika itu basket dilakukan dengan cara saling melempar antara pemain satu tim dan menghindari tim lawan.

Basket di Indonesia dibawa oleh orang-orang China yang merantau ke Indonesia pada 1920-an, satu dekade setelahnya mulai bermunculan perkumpulan basket di berbagai kota di Indonesia, seperti di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan juga Medan.

Lalu, apa saja istilah-istilah dalam olahraga Basket yang perlu kamu ketahui? Yuk, simak sama-sama uraian istilahnya di bawah ini, Kids.

Baca Juga: 7 Teknik Dasar Permainan Basket yang Harus Dikuasai oleh Pemain