Find Us On Social Media :

Mitologi Yunani Kuno, Kisah-Kisah Mitos yang Terus Diceritakan #MendongenguntukCerdas

Mitologi Yunani adalah kumpulan cerita mitos dan legenda yang berkembang pada era Yunani Kuno berupa kisah-kisah dewa dan epos kepahlawanan.

GridKids.id - Hai, Kids, kali ini kamu akan diajak untuk mengenal mitologi Yunani.

Pada artikel #MendongenguntukCerdas kali ini kamu akan diajak untuk melihat mitologi yang sangat terkenal di dunia yaitu mitologi Yunani.

Mitologi Yunani adalah merupakan kumpulan mitos dan legenda yang berasal dari era Yunani Kuno dan memiliki cerita-cerita tentang dewa dan kisah kepahlawanan, mitos tentang dunia, dan asal-usul yang berkaitan dengan kepercayaan agama di Yunani Kuno.

Dalam buku Mitologi Yunani: Mengupas Tuntas Mitos-Mitos dalam Kebudayaan Yunani karya Jonar S., negeri Yunani tak hanya terkenal karena mitologinya tapi juga dikenal sebagai tempat lahirnya ilmu filsafat dan berbagai ilmu pengetahuan lainnya.

Istilah "Mitologi" berasal dari kosa kata "mitos" dan "logos" yang berarti ilmu yang mempelajari mitos-mitos.

Mitos atau legenda adalah rekaan-rekaan peristiwa dan tokoh yang terlibat dalam peristiwa yang didramatisir sampai jadi peristiwa dongeng.

Mitologi erat kaitannya dengan cerita rakyat yang berkembang dan tumbuh bersama peradaban masyarakat setempat.

Mitologi merupakan bentuk sastra yang mengandung konsepsi dan dongeng suci mengenai kehidupan Dewa dan makhluk halus di suatu kebudayaan.

Mitologi punya ciri dramatisasi dan lebih mirip sastra, kisah-kisah dewa-dewa mempunyai standar tertentu dengan beragam variasinya.

Agama yang dibawa oleh orang Yunani ke negara mereka adalah agama bangsa Arya, yaitu salah satu bangsa tertua di dunia yang berasal dari India Utara dan Iran.

Lalu, seperti apakah uraian lebih lanjut tentang mitologi Yunani yang terus diceritakan dan dipelajari hingga saat ini?

Baca Juga: Kenapa Yunani Disebut Sebagai Negeri Para Dewa? #AkuBacaAkuTahu