Find Us On Social Media :

Ada Berapa Banyak Galaksi yang Tersebar di Alam Semesta yang Luas?

Galaksi yang kita tinggali yaitu Bima Sakti bukan satu-satunya galaksi yang ada di alam semesta. Ada berapa banyak jumlah galaksi di alam ini?

GridKids.id - Kita tinggal di Bumi, salah satu planet yang ada di galaksi Bima Sakti.

Tahukah kamu ada berapa banyak jumlah galaksi yang ada di alam semesta?

Menghitung total jumlah galaksi satu persatu mungkin bisa jadi cukup sulit untuk dilakukan, nih, Kids.

Inilah yang mendorong para astronom menggunakan teknologi canggih teleskop antariksa hubble untuk melakukan misi menghitung jumlah galaksi yang ada di alam semesta.

Dilansir dari infoastronomy.org, tim astronom internasional pimpinan seorang profesor Astrofisika di Universitas Nottingham, Christopher Conselice menghitung observable universe atau alam semesta yang teramati berjumlah setidaknya 2 triliun galaksi.

Temuan yang diterbitkan di The Astrophysical Journal ini ternyata 10 kali lipat lebih banyak dari yang diperkirakan sebelumnya.

Profesor Conselice beserta rekan meneliti hasil pengamatan langit yang ditangkap Hubble dan instrumen pengamat bintang lain selama 15 tahun terakhir.

Dari situ dibuat model 3D dari hasil pengamatan tersebut untuk menghitung jumlah galaksi pada bagian langit yang bisa diamati.

Hal ini berkaitan dengan kondisi beberapa galaksi yang sudah terlalu tua dan berumur sekitar miliaran tahun dan sulit diamati dengan instrumen pengamatan yang dimilikki manusia saat ini.

Para astronom juga menggunakan ilmu matematika sampai akhirnya menemukan angka 2 triliun galaksi itu.

Galaksi tertua yang bisa diamati diperkirakan berusia sekitar 13 miliar tahun mendekati usia Big Bang.

Baca Juga: 6 Galaksi Terbesar di Alam Semesta, Salah Satunya Galaksi Bima Sakti