Find Us On Social Media :

Perilaku Hemat Energi dalam Keseharian, Materi IPA Kelas 9 SMP

Perilaku hemat energi penting untuk menjaga risiko kerusakan lingkungan yang lebih parah.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi IPA Kelas 9 SMP masih membahas tema 10 yaitu tentang Teknologi Ramah Lingkungan.

Dalam buku materi IPA Kelas 9 SMP tema 10 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 232-234 masuk ke subbab tentang perilaku hemat energi dalam keseharian.

Perilaku hemat energi penting mulai disadari mengingat semakin banyak permasalahan lingkungan yang timbul akibat kegiatan manusia sehari-hari.

Di sekitarmu mungkin kamu sudah menyadari bahwa makin banyak kendaraan motor yang lalu lalang.

Hal ini menunjukkan bahwa alat transportasi makin berkembang dan makin banyak orang yang menggunakannya untuk melakukan mobilisasi setiap hari.

Transportasi dan mobilisasi manusia ini menghasilkan polusi udara dari asap-asap kendaraan yang dihasilkan.

Alhasil bisa meningkatkan risiko polusi udara yang enggak hanya mencemari lingkungan tapi juga berbahaya bagi kesehatan manusia di Bumi.

Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk mengurangi dampak polusi udara dan lingkungan adalah beralih menggunakan kendaraan ramah lingkungan untuk membantu program dan tujuan pelestarian lingkungan.

Banyak ahli yang sudah merancang kendaraan hybrid yang enggak hanya bergantung pada bahan bakar mesin (bahan bakar fosil) tapi juga menggunakan energi listrik dari pancaran sinar matahari.

Nah, selanjutnya kamu akan diajak untuk melihat beberapa contoh perilaku hemat energi yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Yuk, simak sama-sama poin-poin lengkapnya pada uraian di bawah ini, Kids.

Baca Juga: Kunci Jawaban IPA Kelas 9 SMP Hal 247: Apa Saja Contoh Tindakan Hemat Energi?