Find Us On Social Media :

Negara Maritim: Konsep Aktivitas Ekonomi dan Contoh Negaranya

Negara maritim memiliki konsep dalam menjalankan aktivitas perekonomian dan mobilitas masyarakatnya. Apa saja konsepnya?

GridKids.id - Indonesia adalah salah satu negara maritim dunia yang memiliki wilayah perairan yang luas.

Istilah negara maritim digunakan untuk menggambarkan suatu negara yang daerah teritorial lautnya lebih luas daripada daerah teritorial daratannya.

Selain itu, ada juga anggapan bahwa negara maritim adalah sebuah negara yang terdiri dari banyak pulau atau yang sering juga disebut dengan negara kepulauan.

Panjang garis pantai Indonesia mencapai 81.000 km dan menempati posisi kedua setelah Kanada yaitu negara dengan garis pantai terpanjang di dunia.

Selain letak geografisnya, negara maritim juga berkaitan dengan segala aktivitas pelayaran (transportasi) dan perdagangan (ekonomi) yang bersifat kelautan.

Dilansir dari rimbakita.com, negara maritim adalah sebuah konsep negara yang berupaya untuk mengutamakan pemanfaatan semua sumber daya alam (SDA) lautnya untuk kepentingan juga kemakmuran rakyat dan negara.

Berikutnya kamu akan diajak untuk melihat contoh kegiatan ekonomi dan negara-negara dunia mana saja yang termasuk negara maritim. Yuk, simak uraian poin-poinnya di bawah ini, Kids.

Konsep Kegiatan Ekonomi Negara Maritim

- Industri pembuatan dan reparasi kapal laut

- Jasa penyeberangan kapal antara pulau dan negara

- Industri logistik pengiriman barang lewat jalur laut

Baca Juga: Negara Maritim: Ciri-Ciri, Pilar Penyangga, dan Manfaat Laut, IPA Kelas 5 SD Tema 6