Find Us On Social Media :

7 Negara yang Mengklaim Wilayahnya di Antarktika, Salah Satunya Australia

Benua antarktika adalah benua terluas kelima di dunia yang jadi tempat terdingin di muka Bumi. Ada beberapa negara yang mengklaim wilayahnya di sini, negara mana saja?

GridKids.id - Kids, apakah yang kamu ketahui tentang Benua Antarktika?

Benua Antarktika adalah benua terluas kelima di Dunia setelah Eurasia, Afrika, Amerika Utara dan Amerika Selatan.

Meski jadi benua terluas kelima di Dunia, Antarktika enggak dihuni manusia karena merupakan tempat paling dingin di Bumi yang hampir seluruh wilayahnya tertutup salju.

Antarktika terletak di bagian Kutub Selatan Bumi dengan luas mencapai 15.540.000 km2, berbatasan dengan Samudera Atlantik, Samudera Hindia, dan Samudera Pasifik.

Iklim Antarktika adalah iklim kutub dengan suhu daratannya yang lebih dingin dari Kutub Utara.

Kondisi alam ini bisa terjadi karena sebagian besar Benua Antarktika berupa gunung-gunung tinggi dengan suhu terendahnya mencapai -89 derajat Celcius dan suhu rata-ratanya sekitar -37 derajat Celcius.

Tak hanya jadi tempat paling dingin di Bumi, Antarktika merupakan tanah paling tandus yang ada di muka Bumi.

Seluruh permukaannya yang tertutupi es dengan ketebalan mencapi 3 km membuat enggak ada tanaman yang bisa tumbuh di daratan ini.

Dilansir dari sumber.belajar. kemdikbud.go.id, Pegunungan raksasa yang ada di Benua Antarktika memanjang hingga 5.000 km yaitu Pegunungan Transantartika yang membagi Benua ini jadi dua wilayah utama, yaitu Antarktika Timur (Antarktika Besar) dan Antarktika Barat (Antarktika Kecil).

Flora yang ada di Benua Antarktika hanya berupa lumut yang ditemukan di daerah pesisirnya, sedangkan fauna yang ditemukan hidup di kawan terdingin di Bumi ini seperti Anjing Laut, Penguin, dan Burung Albatros.

Meski disebut sebagai tanah tak berpenghuni, tahukah kamu bahwa ada beberapa negara yang mengklaim wilayah di Benua Antarktika ini?

Berikut ini adalah daftar negara-negara yang mengklaim wilayahnya di Benua Antarktika. Negara mana sajakah itu?