Find Us On Social Media :

Prinsip Pembentukan Molekul dan Ion: Konfigurasi Elektron, IPA Kelas 9 SMP

Setelah belajar nomor atom dan nomor massa, kali ini kamu akan belajar tentang konfigurasi elektron. Seperti apa penjelasannya?

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi IPA Kelas 9 kali ini masih membahas Tema 8 yaitu Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup.

Dalam buku materi IPA Kelas 9 SMP Tema 8 Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud, hlm. 116-118 membahas tentang Prinsip Pembentukan Molekul dan Ion dengan sub-bab konfigurasi elektron.

Setelah sebelumnya kamu sudah belajar tentang nomor atom dan nomor massa, kali ini kamu akan belajar tentang konfigurasi elektron.

Konfigurasi elektron adalah cara yang digunakan untuk mengetahui cara atom-atom bisa berikatan yang bisa mempelajari susunan elektron dalam suatu atom.

Pada model atom Bohr, elektron bergerak mengelilingi inti atom menurut tingkat-tingkat energi tertentu yang disebut dengan kulit-kulit atom.

Tingkat energi bisa suatu atom berturut-turut dilambangkan dengan K untuk kulit atom pertama (n=1), L untuk kulit atom kedua (n=2), M untuk kulit atom ketiga (n=3), dan seterusnya.

Susunan elektron pada suatu atom, istilah kulit-kulit atom sebagaimana teori Bohr untuk tingkat-tingkat energi.

Suatu atom akan punya kulit K, kulit L, kulit M, dan pada kulitnya punya jumlah maksimum elektron yang menempatinya. Misalnya kulit K, maksimum hanya bisa ditempati oleh dua elektron.

Jika atom punya elektron lebih dari dua maka elektron akan menempati kulit yang berikutnya.

Posisi elektron pada kulit-kulit atom dimulai dari kulit terdalam atau yang punya energi paling rendah.

Lalu, seperti apakah gambaran tentang kulit atom dan jumlah elektron di dalamnya juga susunan elektron atomnya?

Baca Juga: Pengertian Partikel Materi Atom, Molekul, dan Ion, Fisika Kelas 9 SMP