Find Us On Social Media :

Edukasi Kesehatan Mental dan Cara Mengatasi Depresi pada Anak-Anak

Depresi yang terjadi pada anak-anak harus dideteksi sedini mungkin agar bisa ditangani dengan tepat agar tak terbawa sampai dewasa.

GridKids.id - Setelah membahas tentang pemicu hingga ciri-ciri depresi pada anak-anak, artikel liputan khusus kali ini akan mengajakmu melihat upaya preventif atau cara mengatasi depresi pada anak-anak.

Masih bersama GridKids dan narasumber kita kali ini yaitu Kak Wirdatul Anisa, S.Psi, M.Psi, psikolog klinis dari Biro Psikologi Intuisi Yogyakarta.

Kali ini kamu akan diajak untuk melihat seperti apa cara untuk mengatasi depresi yang terjadi pada anak-anak.

Fase pertumbuhan anak-anak tak hanya berjalan dan terlihat secara fisik, melainkan juga secara mental.

Senada dengan hal yang disampaikan Kak Wirda ketika diwawancara oleh GridKids pada Minggu (13/11/2022) lalu.

"5 Tahun pertama masa tumbuh kembang anak-anak, peranannya sangat besar dalam proses perkembangan fisik dan mentalnya", jelas Kak Wirda.

Pada rentang usia itu anak-anak harusnya bisa terpenuhi kebutuhan akan rasa aman hingga perasaan lekat pada orang tuanya sendiri.

Selain itu, anak-anak juga perlu dikenalkan dengan emosi atau perasaan yang dirasakannya, Anak-anak juga perlu diajarkan bagaimana cara untuk mengelola emosi yang ada dalam dirinya.

Dengan pengajaran itu, otomatis anak-anak juga akan belajar bagaimana cara menghadapi stres atau permasalahan sesuai dengan usianya.

"Kemampuan anak untuk mengelola emosi dan stres berperan penting agar anak nantinya enggak mudah terjebak dalam depresi", tambah Kak Wirda lagi.

Lalu, seperti apakah cara yang tepat untuk mengatasi depresi yang terjadi pada anak-anak? Yuk, simak uraian lengkapnya pada penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: Apa Pemicu Depresi yang Dapat Terjadi pada Anak-Anak?