Find Us On Social Media :

Atom dan Partikel Penyusunnya: Subatom, Materi IPA Kelas 9 SMP Tema 8

Atom adalah bagian kecil dalam sebuah molekul, namun atom masih tersusun lagi dari bagian-bagian yang lebih kecil yang disebut dengan partikel subatom.

GridKids.id - Kids, artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi Kelas 9 SMP Tema 8 belajar tentang Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup.

Dalam buku materi IPA Kelas 9 SMP Tema 8 Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud, hlm. 105-109 tentang Atom dan Pertikel Penyusunnya. Nah, kali ini kamu akan diajak membahas tentang subbab berjudul Partikel Subatom.

Atom merupakan unit terkecil yang menyusun molekul dan berukuran sangat kecil yang masih tersusun lagi dari bagian-bagian yang lebih kecil lagi yang dinamai partikel subatom.

Atom tersusun atas partikel-partikel penyusun atom atau partikel subatom, yaitu neutron (n), proton (p), dan elektron (e).

Neutron dan proton membentuk inti atom, elektron menempati kulit-kulit atom yang ada di sekitar inti atom.

Elektron-elektron tersebut bergerak mengelilingi inti dengan kecepatan tinggi membentuk awan elektron.

Elektron dan proton adalah partikel subatom yang mempunyai muatan berlawanan, sedangkan neutron enggak memiliki muatan.

Elektron memiliki muatan negatif sedangkan proton punya muatan positif. Lalu, pada atom netral, jumlah proton sama dengan jumlah elektronnya.

Tiap-tiap partikel penyusun subatom ini punya massa, elektron punya massa yang sangat kecil dibandingkan dengan masa proton dan neutronnya.

Inilah kenapa massa atom akan terpusat pada inti atom saja atau ditentukan dengan jumlah proton dan jumlah neuronnya.

Lalu, seperti apakah perkembangan dari teori atom yang ditemukan oleh para ilmuwan dunia? Yuk, simak uraian lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup, IPA Kelas 9 SMP Tema 8