Find Us On Social Media :

Fakta Menarik Katai Y, Bintang dengan Suhu Terdingin di Alam Semesta

Bintang adalah benda langit yang memiliki suhu tinggi. Tapi, tahukah kamu bintang apa yang paling dingin di alam semesta?

GridKids.id - Kids, pada artikel GridKids tentang astrologi sebelumnya kamu sudah mengenal bintang paling panas di alam semesta.

Nah, kali ini GridKids akan mengajakmu mengenal bintang dengan suhu paling dingin yang diketahui ada di Alam semesta yang luas ini.

Para ilmuwan sudah menemukan bintang terdingin yang diperkirakan suhunya bahkan lebih dingin daripada suhu tubuh manusia.

Bintang ini teridentifikasi dalam klasifikasi bintang Y dwarf atau katai Y yang menurut teori sudah ada sejak lebih dari satu dekade lalu.

Bintang Katai Y ini hampir enggak mungkin dilihat oleh cahaya biasa tapi, bisa dipantau lewat instrumen inframerah pada teleskop ruang angkasa NASA yaitu WISE.

Para peneliti berhasil mendeteksi cahaya samar dari enam katai Y yang jarak yang relatif dekat dengan Matahari yaitu sekitar 40 tahun cahaya.

Katai Y adalah anggota dari jenis bintang terdingin yang bisa dijangkau pengetahuan manusia dan dikenal sebagai katai cokelat.

Bintang katai cokelat merupakan objek aneh di alam semesta yang kadang juga dikenal sebagai bintang gagal.

Sebutan ini berkaitan dengan kemampuan bintang katai cokelat yang terlalu lemah untuk melakukan reaksi fusi nuklir seperti bintang pada umumnya.

Hal inilah yang membuat bintang ini memiliki sedikit panas yang enggak permanen pada bagian intinya yang akan mendingin dari waktu ke waktu.

Lalu, apa saja fakta menarik bintang katai cokelat yang disebut sebagai bintang paling dingin di alam semesta ini?

Baca Juga: Apakah Nama Bintang dengan Suhu Paling Panas yang Ada di Alam Semesta?