Find Us On Social Media :

Penerapan Bioteknologi pada Kasus Pencemaran Lingkungan, IPA Kelas 9 SMP

Bioteknologi bisa dimanfaatkan untuk menanggulangi pencemaran ekosistem lingkungan di mana banyak makhluk hidup tinggal di dalamnya.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi IPA Kelas 9 kali ini masih membahas tema 7 tentang Bioteknologi dan pemanfaatannya.

Dalam buku materi IPA Kelas 9 SMP Tema 7 Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud, hlm. 77-79 dijelaskan tentang bioteknologi lingkungan.

Bioteknologi digunakan untuk menangani kasus pencemaran lingkungan hidup yang bisa kita temukan di sekitar kita.

Salah satu kasus yang mudah ditemukan terjadi di sekitar kita misalnya pencemaran air laut oleh tumpahan minyak hingga sampah-sampah plastik bekas manusia.

Beberapa kasus pencemaran air laut akibat tumpahan minyak banyak terjadi di perairan Indonesia, misalnya di Kepulauan Seribu, pantai Balikpapan, hingga pantai di Laut Timor.

Pencemaran minyak di lautan ini bisa berasal dari ladang minyak bawah tanah, operasi kapal tanker, perbaikan atau perawatan kapal, tangki bahan bakar kapal, kecelakaan kapal tanker, hingga limbah industri.

Pencemaran air laut oleh minyak ini bisa menyebabkan ikan, kepiting, udang, dan terumbu karang mati.

Massa jenis (ρ) air laut dan minyak berbeda sehingga bisa menyebabkan minyak enggak bisa tercampur dengan air dan bisa membentuk lapisan tersendiri di permukaan air.

Lapisan minyak inilah yang akan menempel pada permukaan rumput laut dan tumbuhan laut lain, hal ini akan mengganggu proses respirasi dan fotosintesisnya.

Pencemaran laut ini akan merusak juga ekosistem hutan bakau karena bisa menutupi akar bakau dan menyebabkan pertukaran oksigen dan karbon dioksida pada akar bakau jadi berkurang.

Dalam jangka waktu lama, kondisi ini bisa memicu pembusukan pada akar bakau dan menyebabkan tumbuhan bakau mati.

Baca Juga: Pencemaran Lingkungan: Pengertian , Jenis-Jenisnya, Beserta Contoh