Find Us On Social Media :

Penerapan Bioteknologi dalam Kehidupan: Bidang Peternakan, Materi IPA Kelas 9 SMP

Bioteknologi peternakan dikembangkan untuk mendorong peningkatan produksi hasil peternakan.

GridKids.id - Kids, artikel Belajar dari Rumah (BDR) materi IPA Kelas 9 SMP tema 7 tentang bioteknologi dan pemanfaatannya.

Dalam buku materi IPA Kelas 9 SMP tema 7 Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud, hlm. 70-71 dibahas tentang bioteknologi peternakan.

Bioteknologi tak hanya bisa dimanfaatkan dalam dunia pangan dan pertanian, kali ini kamu akan diajak melihat manfaat bioteknologi peternakan.

Bioteknologi banyak juga diterapkan dalam bidang peternakan untuk pengembangbiakan hewan transgenik lewat rekayasa genetika.

Awalnya hewan transgenik adalah bahan penelitian para ilmuwan untuk menemukan jenis penyakit yang menyerang hewan tertentu dan cara penanggulangannya.

Kini para ilmuwan sudah mulai banyak yang menggunakan berbagai teknik rekayasa genetika untuk berbagai keperluan dalam bidang peternakan, misalnya meningkatkan produksi susu.

Peningkatan produksi susu dilakukan dengan cara memproduksi hormon bernama bovine somatotropin (bST) yang kemudian disuntikkan ke sapi perah atau dengan cara membuat sapi perah transgenik yang mampu memproduksi hormon bST lebih banyak.

Dengan cara inilah produksi susu bisa ditingkatkan sekitar 8,3 - 21,8%, selain itu susu yang dihasilkan juga bisa direkayasa supaya bisa lebih kaya kandungan protein dan rendah lemak.

Tak hanya meningkatkan produksi susu, rekayasa genetika bisa dilakukan pada hewan ternak agar tahan terhadap penyakit.

Contohnya pengembangan sapi transgenik yang tahan terhadap penyakit mastitis, yaitu penyakit pembengkakan pada kelenjar susu yang dipicu oleh infeksi bakteri Staphylococcus aureus.

Lalu, apa sajakah contoh dari sebuah bioteknologi peternakan? Yuk, simak sama-sama uraian lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Penerapan Bioteknologi dalam Kehidupan: Bidang Pertanian, Materi IPA Kelas 9 SMP