Find Us On Social Media :

Mengenal Bintang Earendel, Bintang dengan Jarak Terjauh dari Bumi

Bintang Earendel terlihat lewat Teleskop James Webb sebagai bintang paling jauh dari Bumi.

GridKids.id - Kids, pada artikel tentang astrologi sebelumnya kamu sudah mengenal daftar bintang yang jaraknya paling dekat dari Bumi.

Pada artikel ini kamu akan diajak mengenal tentang bintang yang jaraknya paling jauh dari Bumi.

Dilansir dari laman infoastronomy.org, sebuah studi tentang galaksi Busur Matahari Terbit, para astronom menemukan bintang dalam sistem biner yang terisolasi dari bagian galaksi lain.

Temuan bintang yang cahayanya berasal dari 900 juta tahun cahaya setelah Big Bang terjadi berhasil tertangkap oleh Teleskop Antariksa Hubble.

Para astronom melakukan pengamatan selama beberapa hari untuk memerhatikan tingkat kecerahan yang konsisten selama 3,5 tahun terakhir.

Sehingga pengamatan para ahli ini menunjukkan bahwa pendar bintang itu bukan fenomena yang sementara.

Studi untuk menemukan Bintang terjauh dari Bumi ini dinamai bintang Earendel yang berasal dari kosa kata bahasa Inggris Kuno yang berarti Bintang Kejora atau Bintang Baru.

Bintang Earendel diperkirakan punya massa sekitar 50 kali massa Matahari sebagai bintang paling besar di Tata Surya kita.

Bintang ini diperkirakan sudah ada sejak satu miliar tahun pertama alam semesta, dan menjadi indikasi bahwa ada bintang yang lebih jauh jarak dan lebih tua daripada bintang ini.

Bintang earendel dikenal sebagai bintang pagi yang punya jarak 12,9 miliar tahun cahaya dari Bumi.

Seperti apakah studi tentang temuan bintang yang diketahui punya jarak terjauh dari Bumi ini?

Baca Juga: 7 Bintang Paling Dekat Jaraknya dari Bumi, Salah Satunya Wolf 359