Find Us On Social Media :

Sejarah Puzzle, Awalnya Dibuat untuk Edukasi Geografi #AkuBacaAkuTahu

Puzzle adalah salah satu permainan edukatif yang baik untuk melatih kreativitas anak-anak.

GridKids.id - Kids, siapa nih di antara kamu yang punya hobi memainkan puzzle?

Istilah puzzle awalnya berasal dari kosa kata bahasa Perancis Kuno yaitu Aposer, yang dalam bahasa Inggris Kuno lalu dirubah menjadi Pose atau Pusle yang kemudian berubah jadi puzzle.

Permainan puzzle terbagi jadi beberapa jenis, meliputi Logic Puzzle, Jigsaw Puzzle, Combination Puzzle, dan Mechanics Puzzle.

Permainan puzzle yang populer tak hanya dalam bentuk kepingan atau jigsaw puzzle saja, melainkan berbagai bentuk puzzle seperti sudoku, tic toc, rubik kubus, hingga tetris kubus.

Lalu, seperti apa sih sejarah awal munculnya jigsaw puzzle atau puzzle dalam bentuk kepingan-kepingan itu? Yuk, simak sama-sama uraian lengkapnya di bawah ini, Kids.

Sejarah Awal Munculnya Jigsaw Puzzle

Aturan permainan Jigsaw Puzzle ini adalah harus menyusun kepingan-kepingan kecil gambar jadi sebuah gambar besar yang utuh.

Permainan ini awalnya ditemukan John Spilsbury yaitu seorang pembuat peta sekaligus pemahat asal Inggris.

Awalnya John Spilsbury membuat peta yang bagian-bagiannya dipotong berdasar garis wilayah sebuah tempat dan negara-negara di berbagai benua.

Ketika itu John Spilsbury membuat delapan seri puzzle peta: Asia, Eropa, Afrika, Amerika, Inggris, Skotlandia, dan Wales untuk pelajaran geografi anak-anak sekolah.

Lalu, seperti apakah perkembangan permainan jigsaw puzzle ini dari masa ke masa?

Baca Juga: Tak Hanya Baik untuk Otak, Berikut 4 Manfaat Puzzle untuk Kesehatan Mental #AkuBacaAkuTahu