Find Us On Social Media :

Studi Iktiologi, Cabang Ilmu Biologi tentang Ikan dan Spesiesnya

Iktiologi adalah salah satu cabang ilmu biologi yang mempelajari ikan dan spesiesnya.

GridKids.id - Kids, pada artikel cabang ilmu biologi sebelumnya kamu sudah belajar tentang imunologi bersama GridKids.

Artikel kali ini kamu akan diajak belajar cabang ilmu biologi lainnya yaitu studi iktiologi.

Studi iktiologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang organisme ikan, dengan sub disiplin khusus yang mempelajari tentang taksonomi, anatomi,atau morfologi, ilmu perilaku, ekologi, dan fisiologi.

Iktiologi adalah salah satu bidang zoologi yang mempelajari tentang ikan dan memberi informasi penting terkait spesies yang sudah ada dan spesies baru yang muncul seiring waktu.

Istilah Iktiologi berasal dari bahasa Yunani yaitu ixthu/ixthus yang berarti ikan dan logos yang berarti ilmu, sehingga iktiologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang ikan.

Ikan yang dipelajari termasuk ikan-ikan bertulang, ikan bertulang rawan, hingga ikan tanpa rahang.

Praktik iktiologi berkaitan erat dengan biologi kelautan, limnologi, yang mendedikasikan studi tentang ekosistem perairan kontinental.

Selain itu, studi ini berkaitan juga dengan oseanografi yaitu studi yang mempelajari sungai, danau, laut, atau ruang akuatik lainnya.

Iktiologi bermanfaat untuk membantu manusia melakukan studi tentang berbagai jenis ikan yang ada, seperti apa perilaku, cara bereproduksi, dan aktivitas hidupnya pada ekosistem atau lingkungan perairan tempat ikan-ikan ini hidup.

Iktiologi mendukung temuan metode paling tepat untuk reproduksi spesies yang bisa dimanfaatkan untuk konsumsi manusia.

Lalu, apa sajakah cabang iktiologi dan tokoh-tokoh studi cabang ilmu biologi tentang ikan ini? Yuk, simak sama-sama uraian lebih lanjutnya di bawah ini, Kids.

Baca Juga: Mengenal Mamologi, Cabang Ilmu Biologi yang Belajar tentang Mamalia