Find Us On Social Media :

Sejarah Boneka, Dulu Bukan Sekadar Mainan Anak-Anak #AkuBacaAkuTahu

Boneka adalah salah satu mainan anak-anak yang ternyata sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu.

GridKids.id - Kids, siapa nih di antara kamu yang suka bermain boneka?

Boneka identik sebagai salah satu produk mainan anak yang bisa terdiri dari beragam bentuk dan figur.

Boneka yang ada di seluruh dunia terdiri dari beragam figur, mulai dari manusia, bintang, hingga sosok fiksi atau makhluk mitologis kepercayaan berbagai kebudayaan.

Tak hanya populer saat ini, boneka adalah salah satu mainan tertua yang sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu, loh, Kids.

Jika saat ini boneka banyak difungsikan sebagai mainan anak, dulunya boneka digunakan untuk perlengkapan ritual adat atau keagamaan.

Kini boneka sudah dibuat dengan berbagai bahan-bahan yang ramah di kulit anak-anak, padahal dulunya boneka dibuat dari kayu hingga tanah liat.

Penelitian ilmiah berupa temuan artefak menunjukkan bahwa boneka sudah dikenal sejak era Mesir Kuno, Yunani Kuno, dan Romawi Kuno.

Dilansir dari History of Dolls, arkeolog menemukan kayu pipih mirip badan perempuan yang ditemukan di makam Mesir Kuno.

Selain di Mesir Kuno, boneka prasejarah ditemukan di Romawi ketika itu terbuat dari tulang, batu, kulit, lilin, hingga bahan kain.

Dulunya boneka dipergunakan sebagai salah satu ritual kepercayaan dari berbagai negara, sebagai bagian dari upacara adat seperti kematian, persembahan, dan pernikahan.

Salah satu boneka yang terkenal untuk praktik ritual magis adalah boneka voodoo yang budayanya berasal dari Haiti, Amerika Serikat, dan menyebar sampai ke benua Afrika.

Baca Juga: Mengenal Pediophobia, Ketakutan Berlebihan pada Boneka #AkuBacaAkuTahu