Find Us On Social Media :

Bioteknologi dan Perkembangannya, Materi IPA Kelas 9 SMP Tema 7

Bioteknologi adalah cabang ilmu biologi yang belajar tentang pemanfaatan mikroorganisme makhluk hidup untuk digunakan oleh manusia.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi Kelas 9 SMP kali ini masuk ke Tema 7 yaitu Bioteknologi dan Perkembangannya.

Dalam buku materi Kelas 9 SMP Tema 7 Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud, hlm. 54-55 terdapat pembahasan tentang Bioteknologi dan Perkembangannya.

Bioteknologi berasal dari tiga unsur kata, yaitu Bios yang berarti hidup, teknos yang berarti penerapan, dan logos yang berarti ilmu.

Bioteknologi merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang pemanfaatan bagian makhluk hidup untuk menghasilkan barang atau jasa yang bisa dimanfaatkan oleh manusia.

Penerapan bioteknologi sudah dilakukan sejak ribuan tahun lalu yang perkembangannya bisa digolongkan jadi tiga era, yaitu:

1. Era Bioteknologi Tradisional (6000 SM): penggunaan mikroba untuk fermentasi untuk pengolahan makanan dan minuman.

2. Era Bioteknologi Ilmiah (1800 sm-Pertengahan Abad 19): penelitian yang dilakukan dengan menggunakan prinsip-prinsip ilmiah untuk menghasilkan obat-obatan seperti antibiotik dan penisilin.

3. Era Bioteknologi Modern (Pasca Perang Dunia II- sekarang): upaya untuk menghasilkan bahan pangan dan obat-obatan lewat proses yang lebih efektif dan efisien.

Bioteknologi mulai berkembang pesat sejak 1857 setelah Louis Pasteur menemukan hasil fermentasi yang dilakukan oleh mikroorganisme.

Pada 1920, proses ferementasi yang melibatkan mikroorganisme sudah banyak digunakan untuk membuat larutan kimia untuk pembuatan alkohol.

Lalu, apa sajakah jenis-jenis bioteknologi yang perlu kamu ketahui?

Baca Juga: 3 Periode Perkembangan Bioteknologi Sebagai Cabang Ilmu Biologi