Find Us On Social Media :

Petak Umpet, Permainan Anak dengan Banyak Versi di Berbagai Negara #AkuBacaAkuTahu

Petak umpet adalah salah satu permainan tradisional yang banyak dimainkan oleh anak-anak di Indonesia.

GridKids.id - Kids, siapa nih di antara kamu yang pernah bermain petak umpet?

Permainan petak umpet adalah salah satu permainan seru yang bisa dimainkan bersama teman-temanmu di ruang terbuka atau bahkan di dalam rumah.

Petak umpet adalah permainan yang mengharuskan salah satu pemainnya berjaga dan menghitung sampai hitungan tertentu, selagi pemain lainnya mencari tempat persembunyian yang aman.

Tugas pemain petak umpet yang berjaga dan menghitung adalah memastikan semua pemain lainnya yang bersembunyi berhasil ditemukan sebelum menyentuh base.

Tapi, ternyata permainan petak umpet enggak hanya dimainkan oleh anak-anak di Indonesia saja, lo.

Permainan petak umpet di Yunani kala itu dikenal dengan nama apodidraskinda yang peraturan dan cara bermainnya yang tak jauh beda dari aturan permainan yang kita ketahui.

Petak umpet dikenal dengan berbagai nama berbeda, misalnya el escondite (Spanyol), jeu de cache-cache (Prancis), machboim (Israel), Sumbaggoggil (Korea Selatan), dan de-av-ati ascunselea (Rumania).

Tiap negara punya berbagai perbedaan budaya dalam memainkan petak umpet, hal ini yang membuat ada banyak versi dan aturan main yang berbeda.

Uniknya petak umpet bahkan dilombakan secara internasional, yaitu dalam kompetisi bernama Nascondino World Championship yang pertama kali diselenggarakan di Kota Bergamo, Italia.

Kompetisi ini diselenggarakan di area terbuka dan didirikan dengan beberapa tempat persembunyian buatan dan alami, yang diikuti oleh 80 tim yang berasal dari 11 negara.

Lalu, apa sajakah manfaat bermain petak umpet untuk kesehatan orang yang memainkannya?

Baca Juga: Sunda Manda, Permainan Tradisional yang Ajarkan Sportivitas pada Anak #AkuBacaAkuTahu