Find Us On Social Media :

15 Fakta Menarik Kroasia, Negara Balkan Berbentuk Bulan Sabit

Kroasia adalah salah satu negara Balkan di Eropa Tengah yang dikenal dengan kenampakan alam yang indah dan unik.

GridKids.id - Kids, kembali lagi bersama GridKids untuk melihat fakta-fakta menarik negara di seluruh dunia.

Pada artikel fakta menarik negara-negara dunia sebelumnya, kamu sudah diajak mengenal Polandia, salah satu negara dengan sejarah panjang peradaban Eropa yang terletak di Eropa Tengah.

Kali ini GridKids akan mengajakmu mengenal tentang negara Kroasia yang punya letak paling tengah ketika kamu menatap peta dunia yang dibentangkan.

Kota paling kecil di dunia adalah Kota Hum, terletak di Kroasia memiliki populasi sekitaran 20 orang saja.

Orang Kroasia menyebut negaranya sendiri dengan Hrvatska dan menggunakan bahasanya adalah Hrvatski.

Kroasia memiliki sekitar 1244 pulau dan batuan karang di sekitarnya, dengan pulau terbesar di Kroasia yaitu Pulau Krk yang memiliki luas 405 km².

Ibu kota Kroasia saat ini adalah Zagreb, sedangkan ibu kota pertamanya adalah Nin, lokasinya dekat dengan Zadar di Dalmatia lalu Varazdin.

Kota tepian di pantai Dalmatia dianggap sebagai salah satu tempat untuk menyaksikan sunset terbaik di dunia dan dianggap lebih indah dari Key West, di Florida, Amerika Serikat.

Salah satu fakta menarik yang perlu kamu tahu, jenis anjing Dalmatian yang populer lewat film 101 Dalmatians adalah jenis anjing yang berasal dari Kroasia.

Kroasia dan Spanyol merupakan negara di Eropa yang paling banyak memiliki benda-benda warisan tak benda UNESCO, seperti resep pembuatan roti jahe, pembuatan mainan ukiran kayu, hingga pembuatan renda.

Lalu, apa sajakah fakta-fakta menarik tentang negara Kroasia yang perlu kamu ketahui? Yuk, simak sama-sama fakta-faktanya berikut ini.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Polandia, Negara dengan Sejarah Panjang Peradaban Eropa