Find Us On Social Media :

Kegiatan Ekonomi: Industri Rumah Tangga dan Jenis-Jenis Usahanya

Industri rumah tangga atau home industry adalah salah satu kegiatan ekonomi masyarakat yang mendukung terciptanya lapangan kerja baru.

GridKids.id - Pada artikel sebelumnya kamu sudah diajak mengenal tentang kegiatan ekonomi industri.

Artikel kegiatan ekonomi kali ini akan mengajakmu belajar tentang salah satu bentuk industri yang ada di masyarakat yaitu industri rumah tangga.

Kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh industri rumah tangga dikenal juga dengan istilah home industry atau industri rumahan.

Industri rumah tangga adalah sebuah unit usaha yang enggak berbentuk hukum dan dilaksanakan oleh satu atau beberapa orang anggota rumah tangga dengan tenaga kerja berjumlah maksimal empat orang.

Kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh industri rumah tangga adalah mengubah bahan dasar menjadi barang setengah jadi atau barang jadi yang punya nilai jual untuk dipasarkan ke konsumen.

Industri rumah tangga merupakan perusahaan dalam skala kecil yang biasanya hanya punya maksimal dua rumah sebagai pusat produksinya.

Industri rumah tangga bermanfaat untuk membuka lapangan kerja bagi diri seseorang dan orang-orang terdekat dengan tetap memastikan pelayanan ekonomi bisa menjangkau masyarakat luas.

Tak hanya itu, berkembangnya industri rumah tangga juga berpotensi memperkokoh perekonomian nasional, meningkatkan efisiensi ekonomi, dan bisa mendukung pemerataan pendapatan masyarakat.

Keberadaan industri rumah tangga juga sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya masyarakat dengan ekonomi lemah yang daya belinya terbatas.

Barang-barang yang diproduksi oleh industri rumah tangga bisa memenuhi kebutuhan penduduk setempat.

Hal ini dipandang lebih efisien dan lebih murah ketimbang barang-barang sejenis yang ada di pasaran.

Baca Juga: Kegiatan Ekonomi Industri: Konsep, Definisi, dan Contoh Kegiatannya