Find Us On Social Media :

10 Fakta Menarik Polandia, Negara dengan Sejarah Panjang Peradaban Eropa

Polandia adalah salah satu negara republik di Eropa Tengah yang punya sejarah panjang sejarah Perang Dunia II.

GridKids.id - Kids, apakah yang kamu ketahui tentang negara Polandia?

Polandia adalah sebuah negara republik di Eropa Tengah yang dulunya merupakan salah satu kerajaan terbesar yang ada di Benua Eropa.

Polandia dikenal sebagai negara yang punya sejarah yang begitu kental meski pernah melalui sejarah kelam Perang Dunia II puluhan tahun silam.

Nama resmi Polandia adalah Rzeczpospolita Polska atau Republik Polandia, nama Polandia diambil dari nama suka Polanie yang berarti manusia yang hidup di alam terbuka.

Polandia mendeklarasikan kemerdekaannya dari Rusia dan deklarasi negara Republiknya pada 11 November 1918.

Namun, perayaan Hari Kemerdekaannya sempat dilarang selama kurang lebih 50 tahun dari 1939-1989 di bawah pemerintahan Komunis.

Polandia jadi satu-satunya negara Eropa yang enggak pernah bekerjasama dengan Nazi, enggak menyerah dan terus melakukan perlawanan terhadap upaya pendudukan Jerman selama Perang Dunia berlangsung.

Sekitar 85% bangunan di Kota Warsawa hancur selama Perang Dunia II, pasca perang berakhir kota dibangun kembali tanpa perencanaan matang sehingga hasilnya kurang memuaskan di mata para penduduknya.

Namun, kota kuno Warsawa kini sudah terdaftar dalam UNESCO World Heritage Site.

Bendera Polandia sangat familiar karena mengingatkan kita dengan bendera merah putih, bedanya warna putih menjadi bagian atasnya sedangkan warna merah menjadi bagian bawahnya.

Warna merah dan putih ini berasal dari emblem khas Polandia yang bergambarkan elang putih dalam bingkai merah dalam bidang warna putih.

Baca Juga: Skuad Timnas Polandia di Piala Dunia 2022, Tak Hanya Lewandowski