Find Us On Social Media :

Fisiologi, Cabang Ilmu Biologi yang Belajar tentang Sistem Kehidupan Makhluk Hidup

Fisiologi adalah salah satu cabang ilmu biologi yang belajar tentang sistem kehidupan makhluk hidup.

GridKids.id - Kids, pada artikel cabang ilmu biologi sebelumnya kamu sudah diajak mengenal tentang studi virologi, yang mempelajari tentang virus yang viral.

Nah, kali ini kamu akan diajak untuk mengenal cabang ilmu biologi lainnya yaitu fisiologi.

Fisiologi adalah salah satu cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang berlangsungnya sebuah sistem kehidupan manusia, hewan, hingga tumbuhan.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), fisiologi merupakan cabang biologi yang berkaitan dengan fungsi dan kegiatan kehidupan serta zat hidup, yaitu organ, jaringan, atau sel.

Fisiologi berasal dari bahasa Belanda yaitu physiologie yang berasal dari kosa kata bahasa Yunani Kuno, yaitu Physis (hakikat/asal usul) dan Logia (makna sebuah kajian).

Ilmu fisiologi mengkaji tentang mekanisme yang menggerakkan proses kehidupan, berhubungan dengan pengendalian dan proses terjadinya tatanan molekuler termasuk sistem kerja tubuh.

Metode ilmiah yang digunakan dalam ilmu fisiologi bertujuan mempelajari fungsi fisika dan kimia dari biomolekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, hingga organisme secara keseluruhan.

Kajian fisiologi pertama dimulai pada abad ke 17 oleh seorang ahli anatomi William Harvey yang menjelaskan tentang sirkulasi darah.

Sebagai salah satu ilmu yang paling lama keberadaannya, fisiologi punya ilmu turunan seperti biokimia, biofisika, biomekanik, farmakologi, ekofisiologi, dan genetika sel.

Lalu, apa sajakah jenis-jenis fisiologi berdasarkan objek kajiannya?

Yuk, simak uraian lengkap pembahasannya di bawah ini, Kids.

Baca Juga: Studi Virologi, Cabang Ilmu Biologi yang Mempelajari Virus yang Viral