Find Us On Social Media :

Studi Virologi, Cabang Ilmu Biologi yang Mempelajari Virus yang Viral

Virologi adalah salah satu cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang virus yang viral.

GridKids.id - Kids, pada artikel sebelumnya kamu sudah diajak untuk mengenal sitologi, yaitu cabang ilmu biologi yang belajar tentang sel makhluk hidup.

Nah, pada artikel kali ini kamu akan diajak belajar tentang virologi atau cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang virus dan penyakit yang viral.

Dalam virologi akan dipelajari lebih mendalam tentang virologi dari distribusi, biokimia, fisiologi, biologi molekular, ekologi, evolusi, hingga aspek klinisnya.

Virus pertama kali ditemukan pada 1898 yang berhasil teridentifikasi oleh filter bakteri dan sejak itulah mulai banyak penelitian atau studi yang dilakukan tentang cara kerja virus.

Awalnya konsep virologi masih sangat bergantung ke ilmu fisika dan kimia, dulunya virus dilihat sebagai dampak atau momok penyebab penyakit.

Padahal virus juga bisa dimanfaatkan untuk tujuan-tujuan positif seperti upaya penemuan vaksin hingga terapi gen.

Sejak itu mulai diupayakan cara mengidentifikasi properti dari virus yang membuatnya jadi berbeda dari mikroorganisme lainnya.

Dalam tiga dekade terakhir, virologi sudah makin berkembang dan jadi terobosan canggih tak hanya di bidang medis tapi juga dalam bidang teknologi.

Studi virus berjalan selaras dengan teknologi karena memudahkan aspek pengamatan dan pemantauan lingkungan dari berbagai fenomena persebaran virus yang berdampak pada kehidupan makhluk hidup, khususnya manusia.

Berkat studi virologi inilah saat ini kita bisa mengidentifikasi berbagai virus yang ada di dunia dengan karakteristiknya, hal ini tentunya bermanfaat untuk menjaga manusia dari efek atau dampak terburuknya.

Berikutnya kamu akan diajak mengenal macam-macam bentuk virus yang harus kamu ketahui, di antaranya:

Baca Juga: Sitologi: Cabang Ilmu Biologi yang Belajar tentang Sel Makhluk Hidup