Find Us On Social Media :

Mengenal Hydra, Rasi Bintang Terbesar yang Terlihat di Langit Bumi

Hydra adalah rasi bintang terbesar yang bisa terlihat di langit Bumi.

GridKids.id - Kids, pada artikel sebelumnya kamu sudah belajar tentang fungsi rasi bintang bagi kehidupan manusia di Bumi.

Rasi bintang terbesar di langit Bumi adalah rasi bintang Hydra atau ular air.

Rasi bintang ini biasanya terlihat di belahan Bumi bagian selatan termasuk di Indonesia, lo.

Bagian kepala rasi bintang hydra terletak di arah selatan dari rasi bintang Kanser, sedangkan bagian ekornya terletak di antara rasi bintang Kentaurus dan rasi bintang Libra.

Rasi bintang ini pertama kali dicatat oleh Ptolemy, seorang astronom dari Yunani pada abad ke-2.

Rasi bintang ini mewakili gambaran makhluk mitologi Yunani yaitu Lernaean Hydra, monster berkepala banyak penunggu danau Lerna.

Rasi bintang Hydra punya beberapa deep sky object (objek langit jauh) yang terkenal, meliputi gugus bintang terbuka Messier 48, gugus bola Messier 68, gugus bintang NGC 4694 (Tombaugh), nebula hantu Jupiter, galaksi Messier 83, hingga gugus galaksi Hydra.

Bintang yang paling terang di rasi bintang Hydra adalah Alphard atau Alpha Hydrae, selain itu dikenal juga hujan meteor dari rasi bintang ini yaitu Alpha dan Sigma Hydrids.

Alphard adalah bintang yang punya jarak sekitar 177 tahun cahaya dari Matahari dan masuk dalam klasifikasi K3 II-III, posisinya ada di tengah fase bintang raksasa oranye dan raksasa terang.

Alphard adalah bintang yang punya tiga kali massa Matahari, 50 kali radius Matahari, dan dipercaya berusia sekitar 420 juta tahun.

Berikutnya kamu akan diajak mengenal salah satu galaksi paling besar dan megah di rasi bintang hydra, yaitu Galaksi Messier 83 (Galaxy M83).

Baca Juga: Mengenal Orion, Konstelasi Bintang Tertua Penanda Perubahan Musim