Find Us On Social Media :

9 Air Terjun Tertinggi di Dunia, Urutan Pertama Terletak di Mana?

Air terjun adalah sebuah fenomena alam yang terbentuk secara alami berasal dari erosi yang terjadi pada batuan.

GridKids.id - Kids, pada artikel pengetahuan umum kali ini kamu akan diajak mengenal tentang air terjun tertinggi di dunia.

Air terjun adalah sebuah pemandangan alam berupa formasi aliran air yang jatuh dari ketinggian tertentu karena pembentukan jalur aliran secara alami disebabkan oleh beragam erosi.

Tak hanya terbentuk secara alami, ada juga air terjun yang sengaja dibuat oleh manusia, lo. Misalnya air terjun yang dibuat sebagai hiasan air mancur di sebuah taman.

Pada dasarnya air terjun bergerak dengan mengikuti hukum alamiah air yaitu mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah.

Aliran air terjun ini akan jatuh dari tebing berbantu menuju kolam air terjun yang berada di bawahnya, inilah yang membuat air terjun banyak ditemukan di daerah pegunungan atau dataran tinggi.

Air terjun terbentuk dari sebuah proses geologis yang berkaitan dengan batuan dan sungai yang mengalir.

Adanya perbedaan lapisan batuan jika dilihat dari tingkat ketahanan terhadap pengikisan air, bisa dilihat dari adanya batuan bersifat keras dan batuan halusnya.

Badan air atau sungai akan mengalir melewati lereng pegunungan yang dalam waktu bersamaan air akan mengikis lapisan batuan yang ada, khususnya batuan halus sehingga terbentuk kolam terjun di bagian bawah air terjun.

Lapisan batuan yang keras dan menonjol akan mengalami keruntuhan karena erosi dan pelapukan yang ditarik ke bawah oleh gravitasi.

Pada suatu waktu, air sungai yang turun ke lembah akan menjadi air terjun yang makin lama akan makin tinggi.

Sedangkan di saat bersamaan kolam terjun akan berubah jadi makin dalam karena terus terkikis oleh batuan yang ambruk.

Baca Juga: Daftar 18 Nama-Nama Air Terjun Tertinggi dan Terbesar di Dunia