Find Us On Social Media :

Penghematan dan Pencegahan Bahaya Penggunaan Listrik, IPA Kelas 9 SMP

Penggunaan listrik harus diperhatikan supaya enggak menyebabkan pemborosan biaya listrik.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) materi IPA Kelas 9 SMP Tema 5 tentang listrik dinamis kehidupan sehari-hari.

Dalam buku materi IPA Kelas 9 SMP Tema 5 Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud, hlm. 232-235 tentang upaya penghematan energi listrik dan pencegahan bahaya penggunaan listrik.

Pada artikel sebelumnya kamu sudah belajar tentang cara menghitung biaya penggunaan listrik untuk keperluan sehari-hari.

Kali ini kamu akan diperkenalkan pada upaya penghematan energi listrik yang menghasilkan emisi karbon yang dihasilkan akibat penggunaannya.

Besarnya emisi karbon yang dihasilkan oleh pembangkit listrik yang menggunakan batu bara sebagai penyumbang terbesar terjadinya fenomena global warming.

Salah satu upaya untuk menghemat energi listrik adalah dengan menggunakan energi listrik hanya ketika memerlukannya.

Selain itu, penggunaan peralatan listrik dengan daya yang lebih kecil juga baik dicoba untuk menjaga penggunaan energi listrik enggak berlebihan dan terbuang sia-sia.

Penggunaan LED dengan daya lebih kecil pada lampu kendaraan maupun penerangan di rumah bisa membantu menghemat kebutuhan energi listrik.

Upaya penghematan listrik yang bisa dilakukan untuk membantu mengurangi dampak global warming adalah kampanye earth hour yang diselenggarakan oleh WWF (World Wide Fund) for nature yang diselenggarakan pada sabtu terakhir di bulan Maret.

Earth Hour ini dilakukan di sejumlah negara yang sudah menggunakan listrik dilaksanakan dengan cara mematikan lampu dan peralatan listrik selama satu jam lamanya.

Aksi ini bisa menghemat biaya listrik hingga Rp 216.000.000,00 dan berhasil mengurang jumlah karbon dioksida sebanyak 267,3 ton dan menyelamatkan pohon sebanyak 267 buah.

Baca Juga: Konsep Listrik Dinamis: Sumber-Sumber Energi Listrik, IPA Kelas 9 SMP