Find Us On Social Media :

10 Penerapan Prinsip Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi Masyarakat

Prinsip ekonomi adalah hal yang dimiliki oleh para pelaku ekonomi untuk memaksimalkan keuntungan dan menghindari kerugian.

GridKids.id - Kids, pada artikel kali ini kamu akan diajak untuk belajar tentang prinsip ekonomi dalam kegiatan ekonomi.

Prinsip ekonomi adalah sebuah acuan kegiatan ekonomi untuk pemenuhan permintaan tak terbatas dengan sumber daya yang tersedia dan terbatas jumlahnya.

Prinsip ekonomi bisa dilihat sebagai pilihan yang dibuat oleh konsumen yang dipengaruhi oleh faktor dan perilaku yang memengaruhi pilihannya.

Konsumen bisa merupakan individu atau perorangan, perusahaan, organisasi, hingga badan pemerintah yang menggunakan jasa atau produk untuk memenuhi kebutuhannya.

Manfaat dari adanya prinsip ekonomi berguna untuk mengoptimalkan sumber daya yang ada.

Selain itu, prinsip ekonomi juga mendukung pelaku ekonomi memeroleh keuntungan maksimal untuk memperkecil risiko kerugian atau kerusakan sehingga bisa mencapai kemakmuran.

Prinsip ekonomi memiliki ciri-ciri tertentu yang perlu kamu ketahui, meliputi: rasional dalam bertindak, selalu bertindak ekonomis, berhemat, mengikuti skala prioritas, dan menerapkan prinsip cost dan benefit.

Prinsip ekonomi terbagi jadi tiga macam bentuk, yaitu prinsip ekonomi konsumen, produsen, dan juga distributor.

Prinsip ekonomi yang ada dan terjadi di tengah masyarakat umumnya adalah interaksi antara beberapa pihak di atas.

Interaksi itu terjadi dan membentuk hubungan antara pertumbuhan ekonomi yang unggul, kompetitif, dan penuh inovasi dari waktu ke waktu.

Berikutnya kamu akan diajak mengenal penerapan prinsip ekonomi yang dilakukan dalam kegiatan ekonomi menurut Gregory Mankiw (seorang profesor dari Amerika), di antaranya:

Baca Juga: Pengertian dan Bentuk Tindakan Ekonomi Masyarakat, IPS Kelas VII SMP