Find Us On Social Media :

Entomologi: Cabang Ilmu Biologi yang Mempelajari tentang Serangga

Entomologi adalah cabang ilmu Biologi yang mempelajari tentang kehidupan serangga.

GridKids.id - Kids, pada artikel mengenai cabang ilmu Biologi sebelumnya kamu sudah diajak mengenal tentang cabang ilmu biologi yaitu taksonomi.

Artikel GridKids kali ini kamu akan diajak mengenal salah satu cabang ilmu Biologi tentang hewan (zoologi) yaitu entomologi.

Dilansir dari laman Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tanaman (BBPOPT), entomologi merupakan salah satu cabang ilmu biologi yang mempelajari serangga (Artropoda) dan hewan-hewan beruas lainnya.

Artropoda adalah hewan yang berbuku-buku, dengan tubuhnya terdiri dari kepala, dada, dan perut. Selain itu, tubuhnya juga terbungkus zat kitin yang keras dan punya indra yang peka.

Istilah ini berasal dari dua kosa kata bahasa Latin yaitu Entomon yang berarti serangga dan logos yang berarti ilmu pengetahuan.

Serangga adalah sebuah komunitas dalam ekosistem bumi yang menjadi penentu dalam berlangsungnya kehidupan makhluk hidup lainnya dalam sebuah ekosistem.

Serangga merupakan salah satu kelompok hewan paling beragam yang mencakup lebih dari satu juta spesies yang menggambarkan lebih dari setengah organisme hidup yang sudah diketahui sampai saat ini.

Serangga juga bisa ditemukan di hampir semua lingkungan hidup meski dalam jumlah yang kecil yang ditemukan di wilayah perairan.

Serangga masuk dalam kelas insekta subfilum Uniramia yang terbagi lagi jadi 29 ordo, meliputi Diptera (lalat), Coleoptera (kumbang), Hymenoptera (semut dan lebah), hingga Lepidoptera (kupu-kupu dan ngengat).

Serangga juga bisa terbagi menjadi dua kelompok berdasarkan kepemilikan sayapnya, yaitu kelompok Apterigota (serangga dewasa tanpa sayap) dan kelompok Pterigota (serangga dewasa yang punya sayap).

Lalu, apa sajakah objek kajian studi entomologi yang mempelajari tentang serangga ini? Yuk, simak uraian lengkapnya di bawah ini, Kids.

Baca Juga: Taksonomi: Cabang Ilmu Biologi Tentang Klasifikasi Makhluk Hidup