Find Us On Social Media :

Hewan-Hewan Penghasil Listrik, Materi IPA Kelas 9 SMP Tema 4

Echidna adalah salah satu hewan yang bisa menghasilkan listrik dari tubuhnya.

GridKids.id - Kids, artikel Belajar dari Rumah (BDR) kali ini kamu akan diajak melanjutkan materi IPA Kelas 9 SMP Tema 4 tentang listrik statis dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam buku materi IPA Kelas 9 SMP Tema 4 Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud, hlm. 184-185 tentang hewan-hewan penghasil listrik.

Pada artikel BDR materi IPA Kelas 9 SMP sebelumnya kamu sudah belajar bahwa sel saraf manusia merupakan salah satu contoh biolistrik.

Nah, sama halnya seperti manusia hewan juga menghasilkan listrik sebagai impuls rangsang dalam tubuhnya ketika menanggapi rangsangan, bergerak, berburu, melawan predator, hingga pemanfaatannya sebagai navigasi.

Umumnya arus listrik yang dihasilkan oleh hewan sangat lemah, tapi ada beberapa hewan yang dianugerahi keistimewaan oleh Tuhan bisa menghasilkan arus listrik yang sangat kuat.

Berikut ini adalah beberapa hewan yang bisa menghasilkan arus listrik kuat, di antaranya:

Hewan- Hewan Penghasil Listrik

1. Ikan Belalai Gajah

Ikan belalai gajah punya mulut yang panjang mirip dengan belalai gajah, dengan organ khusus yang tersusun dari ribuan sel electroplax di bagian ekornya.

Bagian ekor itulah yang bisa menghasilkan listrik statis bertegangan tinggi dan menghasilkan muatan negatif di bagian dalam tubuh ikan ketika muatan positif di luar tubuh ikan ini dalam kondisi rehat.

Arus listrik akan muncul ketika otot ikan belalai gajah berkontraksi karena ikan ini bisa mendeteksi keberadaan predator atau mangsa buruannya.

Baca Juga: Konsep Listrik Statis: Kelistrikan pada Sel Saraf, Materi IPA Kelas 9 SMP