Find Us On Social Media :

Taksonomi: Cabang Ilmu Biologi Tentang Klasifikasi Makhluk Hidup

Taksonomi merupakan cabang ilmu biologi yang belajar tentang klasifikasi makhluk hidup sesuai ciri yang serupa.

GridKids.id - Kids, pada artikel sebelumnya kamu diajak belajar tentang cabang ilmu biologi tentang mamalia yaitu Mamologi.

Nah, kali ini kamu akan GridKids ajak belajar tentang salah satu cabang ilmu biologi yaitu taksonomi.

Taksonomi merupakan cabang ilmu biologi yang menelaah tentang penamaan, perincian, dan pengelompokan makhluk hidup berdasar persamaan dan pembedaan sifatnya.

Nama kelompok klasifikasinya disebut dengan takson atau bentuk jamaknya adalah taksa, inilah kenapa ilmu yang mempelajari tentang bahasan ini dinamakan dengan taksonomi.

Takson terendah dan paling khusus adalah spesies, sedangkan takson yang paling tinggi dan bersifat inklusif atau umum yaitu kingdom.

Tingkatan takson dari kingdom hingga spesies ditentukan dan didasarkan dari persamaan ciri makhluk hidup paling umum ke ciri yang paling khusus.

Taksa sudah distandarisasi dan dibakukan di seluruh dunia oleh International Code of Botanical Nomenclature dan International Committee on Zoological Nomenclature.

Berikutnya kamu akan diajak mengenal tingkatan-tingkatan pada ilmu taksonomi, meliputi:

Tingkatan Makhluk Hidup dalam Ilmu Taksonomi

1. Spesies

Kelompok makhluk hidup yang bisa melakukan perkawinan dan menghasilkan keturunan yang fertil dan merupakan kelompok takson paling dasar.

Baca Juga: Pengertian dan Tujuan Klasifikasi Makhluk Hidup, IPA Kelas 7 SMP Tema 5